Manfaat Mengajak Anak Berenang Sejak Bayi

DokterSehat.Com – Mungkin beberapa orang tua takut mengajak bayi mereka untuk berenang pada usia yang sangat muda, kena air saja bayi sudah kedinginan apa lagi berenang dalam kolam untuk beberapa menit. Mungkin itu yang ada dipikiran beberapa orang tua yang sangat kuatir terhadap bayi mereka, wajar saja.

6

Mengajarkan bayi berenang pada usia yang sangat muda ternyata mempunyai beberapa manfaat yang luar biasa untuk si bayi itu sendiri.Lead researcher Professor Robyn Jorgensen , mengatakan bahwa, anak yang belajar berenang pada usia yang sangat muda dapat meningkatkan keterampilan anak lebih baik dari pada anak pada umumnya.

Berikut ini manfaat mengajak anak berenang sejak bayi :

1. Anak-anak yang berenang sejak bayi, memiliki perkembangan motorik yang lebih baik. Berenang membuat bayi menggerakkan seluruh tubuh mereka, mulai dari  tangan, kaki dan kepala.

2. Anak-anak yang berenang sejak kecil akan terbiasa mengikuti instruksi atau mendengarkan perkataan orang lain. Hal ini membuat kemampuan kognitifnya semakin berkembang. Perkembangan koginitif pada bayi meliputi berpikir, belajar, dan proses pemecahan masalah.

3. Anak-anak yang belajar berenang sejak kecil bisa lebih mudah beradaptasi dan bersosialiasi dengan orang lain. Hal tersebut karena saat berenang, mereka biasanya bertemu dengan anak-anak lain.

4. Saat berenang, anak-anak belajar bagaimana orang berbicara saat memberikan instruksi untuk bergerak. Sehingga ke depannya, anak-anak yang belajar berenang sejak bayi kemampuannya berbicara akan lebih cepat berkembang.

5. Berenang secara rutin juga bisa mempengaruhi nafsu makan dan pola tidur anak.

Ada baiknya untuk memperhatikan tips-tips berikut sebelum mengajak bayi berenang :

1. Ketahui kapan bayi Anda mulai berenang
Beberapa pakar menyebutkan, umur bayi yang baik untuk mulai berenang adalah pada saat berumur ½ -1 tahun.

Baca Juga:  Jenis dan Cara Pengobatan Biang Keringat

2. Persiapkan segala yang dibutuhkan si bayi
Sebelum berangkat ke kolam renang atau kolam buatan untuk bayi, Anda harus menyediakan semua perlengkapan yang dibutuhkan untuk si bayi seperti: Botol susu hangat yang akan diminum setelah berenang, handuk sebaiknya handuk yang seperti kimono, makan-makanan ringan, Beberapa mainan berenang, dan baju renang (Baby Swimsuit Bee Montgomery in Yellow) untuk si bayi.

3. Pastikan suhu air kolam
Pastikan suhu air kolam tidak terlalu dingin untuk bayi Anda, bila perlu Anda bisa minta tolong kepada petugas kolam untuk mengecek tempratur air. Bayi usia 6 bulan membutuhkan tempratur 32 derajat C.

4. Jangan terlalu lama berenang
Jika bayi Anda berumur dibawah 1 tahun, batasi waktu berenang hingga 30 menit saja.

5. Check kesehatan anak
Kalau kondisi badan bayi Anda sedang tiidak fit, misal demam jangan dibawa berenang. Tunggu sampai kondisi si bayi sehat jika Anda ingin mengajak bayi bermain di kolam. Jika kulit bayi terjadi iritasi karena kondisi air kolam, segera check ke dokter prihal ini.