Jangan Diremehkan, Inilah Manfaat Olahraga Sambil Mendengarkan Musik

doktersehat-olahraga
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Ketika sedang berolahraga, tentu saja setiap orang punya caranya masing-masing agar aktivitas olahraga menjadi lebih menyenangkan. Salah satu cara dan kebiasaan olahraga yang sering dijumpai adalah dengan mendengarkan musik.

Pernahkah Anda melihat orang berolahraga sambil mendengarkan musik? Atau mungkin Anda sendiri memiliki kebiasaan tersebut? Jika benar, maka berbahagialah. Sebab, kebiasaan tersebut adalah kebiasaan yang baik dan cukup direkomendasikan oleh pakar kesehatan. Mengapa demikian?

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Texas Tech University, mengungkap bahwa ada segudang manfaat baik ketika seseorang mendengarkan musik saat berolahraga. Salah satunya adalah mengontrol tekanan jantung. Ya, tekanan jantung seseorang yang berolahraga akan lebih terkontrol dan stabil ketika mendengarkan musik.

Dalam penelitian tersebut, ada beberapa responden yang dilakukan ujicoba lari dengan treadmill sambil mendengarkan musik. Alhasil, seluruh responden tersebut memiliki irama detak jantung selaras yang terbilang normal. Akibatnya, musik bisa mencegah rasa lelah berlebihan kepada seseorang yang sedang berolahraga. Jadi, wajar saja para responden tersebut tidak merasa lelah karena detak jantungnya berdetak normal.

Sebab, musik disebut sebagai media yang bisa meningkatkan mood serta motivasi seseorang dalam melakukan apapun. Anggap saja Anda sedang bekerja, sudah pasti Anda akan lebih rileks dengan mendengarkan musik, bukan? Begitu pula dengan olahraga. Orang yang berolahraga sembari mendengarkan musik akan lebih rileks dan menjadi bahagia sehingga hasil olahraganya menjadi lebih maksimal.

Namun, ada beberapa genre musik yang direkomendasikan, misalnya musik instrumental, musik happy, dan musik yang memiliki bit tinggi, alias tidak mellow. Sebab, dengan mendengar lagu-lagu mellow, maka mood akan menurun dan akhirnya aktivitas olahraga menjadi terganggu. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa lebih baik tidak mendengar musik saat olahraga, daripada harus mendengar musik mellow yang justru menurunkan motivasi.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik