informasi kesehatan


Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

            

Doktersehat.com – Mata merah dan bengkak merupakan salah satu akibat jika Anda menangis terlalu lama. Namun jangan khawatir, dibalik itu semua ternyata menangis memiliki manfaat bagi kesehatan Anda. Berikut adalah beberapa manfaat jika Anda menangis:

1. Melepaskan ketegangan
Alasan mengapa banyak wanita tidak selalu cemberut dibandingkan dengan rekan-rekan pria mereka adalah karena wanita akan terus meredakan ketegangan melalui menangis. Ini mungkin menjelaskan mengapa wanita hidup lebih lama. Jika Anda seorang pria yang karena alasan yang jelas dan tidak ingin tampil seperti bayi menangis, Anda bisa menangis sendirian. Pada kenyataannya adalah bahwa sebagian orang-orang ingin menangis tapi kebanyakan sering menahannya. Anda lebih baik melakukannya, karena akan menghilangkan rasa tegang.

2. Membersihkan dan Menghapus kotoran pada Mata Anda
Walaupun mungkin terdengar aneh tapi itu merupakan suatu hal yang benar, bahwa Menangis adalah salah satu cara terbaik untuk menghapus kotoran dan membersihkan mata. Jika Anda membiarkan air mata mengalir, Anda juga akan menghilangkan kotoran yang tidak dapat dihilangkan dengan hanya mencuci mata dari luar. Air mata juga dapat berfungsi untuk menjaga agar mata tetap segar, dan tidak kekeringan.

3. Melindungi mata dari bakteri
Ketika Anda bepergian ke tempat umum atau sedang mengendarai motor Anda, maka mata Anda sangat rawan terkena debu dan bakteri. Air mata dapat membantu Anda untuk melindungi mata Anda dari serangan bakteri karena mata memiliki lisozim, yang berupa cairan yang berfungsi untuk membunuh bakteri hanya dalam waktu kurang lebih 5 menit.

4. Mengurangi tekanan dan rasa sakit
Menangis dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan. Ini membantu Anda untuk membiarkan emosi Anda pergi dan untuk mengekspresikan diri. Hal ini akan meringankan beban bahwa air mata membawa dan membantu Anda untuk mengatasi rasa sakit yang Anda rasakan.

5. Melegakan perasaan
Meskipun Anda didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega. Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega. Setelah Anda selesai menangis dan membiarkan semua emosi Anda pergi, Anda akan merasa lebih baik. Tujuan utama menangis adalah untuk membuat Anda merasa lebih baik dan merasa lega.

6. Meningkatkan mood
Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

7. Mengeluarkan racun
Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat air mata.

8. Mengurangi stres
Ternyata air mata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.

Dari berbagai sumber

pf button both Manfaat Menangis Bagi Kesehatan


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

6 Responses to “Manfaat Menangis Bagi Kesehatan”

  1. Yurike says:

    Wah, ternyata menangis pun ada manfaat bagi kesehatan.. hahaha
    tapi kebanyakan orang lebih memilih untuk menahan tangis karena malu.. haha :D

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Bila di depan orang banyak memang malu, tapi bisa juga menangis saat sendiri di kamar :)

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. bayi menangis sangat dibutuhkan,karena sangat bermanfaat

    thanks infonya :)

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Bayi yang menangis menandakan Bayi tersebut berespon terhadap sesuatu yg tidak dia suka, namun perlu dicari tahu juga apa penyebabnya, apakah Bayi tersebut Sakit/tidak.
      Trims :)

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. Ternyata Menangis Tidak Selamanya Jelek Ya,,,
    Nyatanya di sini tertuliskan ada MANFAAT_nya,,,
    hehehe…. :-) ;_D

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Tapi kalau menangis berlebihan juga tidak baik, Dan menimbulkan gangguan juga untuk orang Sekitar :) Semoga informasinya bermanfaat ya :) trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0