Manfaat Melakukan Wushu, Olahraga yang Ditekuni Atlet Lindswell Kwok

DokterSehat.Com– Hampir di setiap event olahraga, nama Lindswell Kwok selalu menjadi bahan pembicaraan, termasuk di ajang SEA GAMES yang sedang dilangsungkan di Malaysia sekarang ini. Tak hanya kemampuannya dalam melakukan gerakan wushu dengan indah dan berujung dengan raihan medali emas bagi Indonesia, paras cantik atlet asli Medan ini menyihir cukup banyak orang yang menonton penampilannya.



Wushu kerap kali dikaitkan dengan aksi bela diri yang kerap muncul di film-film laga oriental. Dalam relitanya, wushu memang salah satu seni bela diri yang berasal dari China. Berbeda dengan seni bela diri lainnya yang mengedepankan kekuatan, wushu cenderung mengedepankan gerakan yang halus, lembut, dan lentur. Berbagai gerakan ini ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dengan melakukan gerakan wushu, kita juga akan melatih pernafasan tubuh, mengendalikan pikiran, hingga mengatasi stress. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan bahwa olahraga bela diri ini bisa memberikan dampak positif bagi kesehatan mental. Tak hanya itu, melakukan gerakan wushu akan membuat kita menyeimbangkan gerakan pada kaki dan tangan. Otak kiri dan kanan juga akan menjaga sinkronisasi kerja saat melakukan gerakan-gerakan wushu sehingga otak pun menjadi semakin sehat. Rutin melakukan olahraga wushu akan membuat kita mendapatkan kekuatan, kelincahan, kelenturan, koordinasi tubuh, kecepatan, konsentrasi, percaya diri, dan suasana hati yang jauh lebih baik. Selain itu, gerakan wushu ternyata juga termasuk dalam gerakan aerobik yang sangat baik bagi kesehatan organ kardiovaskular dan saluran pernafasan.

Memang, berlatih wushu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Butuh perjuangan dan latihan yang serius jika ingin menguasai berbagai gerakan indah dari seni bela diri ini. Hanya saja, mengingat wushu juga akan melatih kesabaran dan ketelitian, maka kita pun bisa mendapatkan banyak sekali dampak kesehatan baik fisik ataupun mental jika melakukannya.