Manfaat Melakukan Aktifitas Menantang Adrenalin di Akhir Pekan

DokterSehat.Com– Apa yang anda lakukan di akhir pekan seperti sekarang ini? Sebagian orang memilih untuk melakukan beberapa aktifitas yang menantang adrenalin seperti memakai wahana flying fox, panjat tebing, bungee jumping, terjun payung, dan aktifitas lainnya. Tak hanya seru, berbagai aktifitas tersebut ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.



Adrenalin atau yang juga disebut sebagai epinephrine diproduksi oleh kelenjar adrenal saat tubuh sedang dalam kondisi sangat stress atau melakukan aktifitas yang sangat seru. Hormon ini muncul sebagai respons stress dan akan meningkatkan detak jantung, sirkulasi darah, dan memperluas saluran pernafasan. Hal ini akan meningkatkan aliran darah pada otot-otot dan pasokan oksigen bagi paru-paru.

Adanya adrenalin ini akan membuat kita semakin bersemangat. Setelah mengalami sensasi kenaikan adrenalin ini, tubuh pun akan menjadi lebih segar dan bersemangat sehingga, Karena alasan inilah banyak pecinta olahraga ekstrim menantang adrenalin yang mengaku ketagihan untuk melakukannya. Berikut adalah manfaat dari melakukan aktifitas menantang adrenalin.

  • Dengan kadar adrenalin yang meningkat tajam dalam darah, maka glikogen di dalam tubuh bisa dipecah untuk menyediakan glukosa, sumber energi yang paling penting bagi otot tubuh.
  • Otot halus pada organ paru-paru atau bronchioles akan lebih rileks saat kadar adrenalin meningkat. Hal ini akan memperlancar pernafasan dan menurunkan tekanan darah untuk sementara. Kerap mengalami peningkatan adrenalin dan mendapatkan manfaat ini ternyata bisa mencegah penyumbatan pada pembuluh darah.
  • Bagi penderita glaukoma, kerap melakukan aktifitas menantang adrenalin bisa menurunkan produksi cairan yang menyebabkan penurunan kualitas penglihatan. Cairan ini akan dibuang dengan teratur sehingga tekanan pada mata semakin berkurang dan membuat mata menjadi semakin sehat.