Manfaat Meditasi Menyehatkan Jantung

DokterSehat.Com– Meditasi adalah salah satu aktifitas yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan melakukan meditasi, maka pikiran akan menjadi lebih tenang dan hal ini bisa berimbas pada kondisi kesehatan mental yang jauh lebih baik. Namun, pakar kesehatan menyebutkan jika manfaat dari melakukan meditasi ternyata lebih baik dari yang kita kira. Hal ini didasari oleh adanya hasil penelitian kesehatan yang menyebutkan jika bermeditasi ternyata bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung dengan signifikan.

doktersehat-meditasi-yoga-rileks

Dalam penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Howard University Medical Center ini, disebutkan bahwa melakukan meditasi transcendental dengan rutin akan memperlambat kematian pada sel-sel tubuh. Bahkan, meditasi ini mampu meningkatkan gen telomerase pada tingkat DNA. Sebagai informasi, gen telomerase ini berpengaruh besar bagi kesehatan organ kardiovaskular sekaligus memperlambat proses penuaan dalam tubuh.

Dengan melakukan meditasi secara teratur, maka dua gen telomerase pada tubuh akan lebih aktif dan membuat tekanan darah dalam tubuh semakin menurun. Karena tekanan darah bisa dikendalikan dengan baik, maka jantung dan organ kardiovaskular lainnya pun akan menjadi lebih sehat. Kita pun akan menurunkan resiko terkena stroke dan serangan jantung dengan signifikan.

Penelitian yang melibatkan 48 pria dan wanita dengan masalah tekanan darah tinggi ini dilakukan dengan cara meminta sebagian partisipan melakukan meditasi transcendental secara rutin dan sebagian lainnya diminta untuk menerapkan gaya hidup yang lebih sehat layaknya menurunkan berta badan, menurunkan asupan garam, dan berolahraga dengan rutin. Setelah 16 pekan, diketahui bahwa mereka yang rutin melakukan meditasi transcendental cenderung lebih cepat dalam menurunkan tekanan darah.

Melihat adanya fakta ini, meditasi memang bisa dijadikan salah satu solusi untuk menjaga kesehatan jantung sekaligus membuat tubuh lebih sehat secara keseluruhan.