Medical Check Up – Manfaat

DokterSehat.Com Check-up kesehatan adalah pemeriksaan yang dilakukan secara berkala tanpa  harus ada penyakit atau keluhan gejala penyakit, untuk mengetahui kondisi kesehatan fisik seseorang secara umum, dari luar dan dalam, yang meliputi pemeriksaan fisik dan pemeriksaan laboratorium seperti pemeriksaan darah, pemeriksaan urin, tes fungsi hati, fungsi ginjal, jantung, enzim tubuh, dan lain-lain sehingga diketahui status kesehatan seseorang dan dapat mendeteksi penyakit lebih dini.

doktersehat-anemia-kurang-darah-konsultasi

Orang-orang ingin bertemu dokter untuk berbagai alasan. Beberapa hanya pergi ke dokter ketika mereka mengalami masalah dan ingin mencari diagnosis atau pengobatan khusus. Orang lain berkunjung ke dokter secara lebih teratur untuk menindaklanjuti masalah kronis atau penyakit kronis tertentu. Bagi banyak orang, bagaimanapun, frekuensi kunjungan ke klinik untuk pemeriksaan pemeliharaan kesehatan rutin berbeda-beda.  Ada yang merasa check-up kesehatan setiap setahun sekali adalah suatu kebutuhan, ada orang yang bahkan 3 tahun sekali pun tidak mengecek sama sekali.

Check-Up Kesehatan: Seberapa Sering?
Di masa lalu, sebagian besar tim medis menganjurkan check-up kesehatan tahunan. Namun, baru-baru ini, American Medical Association dan grup kesehatan serupa lainnya telah berganti kebijakan. Mereka sekarang menyarankan bahwa pemeriksaan medis yang disebut Perodic Health Assessments or Examinations (Penilaian atau Pemeriksaan Kesehatan Periodik) dapat dilakukan setiap lima tahun (untuk orang dewasa yang berusia lebih dari 18 tahun) dan untuk di atas usia 40 tahun dilakukan setiap 1–3 tahun sekali. Untuk orang dengan penyakit tertentu yang mengkonsumsi obat rutin, check-up kesehatan akan menjadi lebih sering sesuai anjuran dokter yang mengelola penyakitnya.

Kebanyakan orang lebih muda dari 40 tahun umumnya bebas dari penyakit dan dapat didiagnosis dengan pemeriksaan fisik saja. Pada kelompok usia ini, masalah kesehatan biasanya menunjukkan tanda-tanda tertentu atau gejala yang akan mendorong seseorang untuk mencari perhatian medis.

Baca Juga:  Elektrokardiogram (EKG) - Proses EKG

Tujuan dari pemeriksaan kesehatan secara berkala:

  • Untuk pencegahan primer
  • Untuk mengidentifikasi faktor risiko untuk penyakit kronis umum
  • Untuk mendeteksi penyakit yang memiliki gejala yang jelas (pencegahan sekunder)
  • Sebagai cara bagi dokter untuk mengajarkan perilaku hidup sehat
  • Untuk memperbarui data klinis sejak pemeriksaan terakhir
  • Untuk meningkatkan hubungan antara Anda dan dokter Anda