3 Manfaat Mandi Sebelum Waktu Subuh

doktersehat-mandi
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Mandi di pagi hari memang sangat bermanfaat untuk menyegarkan tubuh sebelum melakukan aktivitas. Terkadang, mandi pagi dilakukan sekitar pukul enam atau tujuh pagi sebelum pergi bersekolah, bekerja, atau melakukan aktivitas lainnya. Tapi apakah Anda pernah mencoba mandi sebelum waktu subuh?

Membayangkan mandi sebelum waktu subuh mungkinĀ  akan terasa dingin, sehingga Anda akan memilih untuk tidak melakukannya. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa mandi sebelum waktu subuh ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan? Setidaknya ada 3 manfaat baik yang bisa Anda peroleh dari kebiasaan mandi sebelum waktu subuh, diantaranya:

1. Atasi Depresi

Depresi bisa disebabkan karena terlalu banyak pikiran, mulai dari pekerjaan kantor yang sangat padat, hingga hal-hal lain yang membuat Anda menjadi stres. Biasanya, Anda mengatasi depresi dengan cara mengonsumsi makanan sebanyak mungkin, padahal cara tersebut bisa membuat kesehatan Anda terganggu. Mulai sekarang, cobalah untuk mengatasi depresi dengan cara mandi sebelum waktu subuh. Hal ini dikarenakan mandi di waktu tersebut, tubuh akan mendapat pasokan oksigen dalah jumlah yang cukup. Sehingga, tingkat stres yang Anda rasakan akan berkurang akibat oksigen yang memenuhi berbagai organ tubuh.

2. Mengurangi Kadar Gula Darah

Gemar mengonsumsi makanan manis bisa menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh Anda meningkat. Seperti yang Anda tahu bahwa kadar gula darah dalam tubuh yang berlebihan bisa menyebabkan risiko penyakit diabetes dan obesitas. Untuk itu, Anda harus mengurangi kadar gula darah tersebut dengan cara mengurangi asupan makanan manis. Selain itu, Anda juga bisa mengatasinya dengan cara mandi sebelum waktu subuh yang dipercaya mampu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya proses detoks sehingga gula darah akan diseimbangkan oleh suhu air saat mandi di pagi hari.

3. Meningkatkan Kesuburan

Khusus bagi pasangan yang sudah menikah dan ingin segera memiliki keturunan, tidak ada salahnya untuk mencoba mandi sebelum waktu subuh. Sebab, mandi di waktu tersebut bisa meningkatkan kesuburan. Para peneliti juga mengatakan bahwa mandi pagi bisa meningkatkan hormon esterogen dan hormon testoteron pada pria.