Manfaat Makanan Laut (Seafood)

Doktersehat.com- Seafood adalah bahan makanan yang berasal dari laut. Makanan ini banyak mengadung kolestrol yang sangat tinggi, sehingga tidak semua orang dapat menikmati makanan laut ini. Banyak orang yang berpikir dua untuk mengkonsumsi makanan ini mengingat kandungan kolesterol yang sangat tinggi yang terdapat di  beberapa bahan makanan seafood.



Banyak yang berpikir dua kali untuk mengkonsumsi bahan makanan laut ini, tetapi banyak juga yang senang mengkonsumsinya. Karena ternyata makanan laut ini juga mempunyai manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh. Banyak gizi yang terkandung didalamnya.

Mackerel

ikan kecil ini diam-diam banyak sekali mengandung nutrisi luar biasa. Ikan ini adalah sumber terbaik asam lemak omega-3 (dua kali lipat kandungan asam lemak omega-3 dalam Salmon) dan Mackerel adalah sumber selenium (yang membantu sistem kekebalan tubuh) secara luar biasa.

Selenium bekerja sama dengan protein dalam tubuh untuk membentuk enzym antioksidan dan dapat melindungi tubuh dari efek merkuri. Rasa dari ikan ini juga membuatnya sangat mudah dimasak dalam berbagai cara, baik di panggang atau bahkan dapat dipotong mentah sebagai sashimi. Usahakan memilih ikan Mackerel kecil karena semakin besar ikan Mackerel, kemungkinan tercemar merkuri semakin tinggi

Ikan sarden

Ikan ini termasuk dalam bahan makanan yang mengandung banyak nutrisi. Didalamny terdapat kandungan omega 3 yang bisa membantu untuk mengatur dan menurunkan kolesterol dalam darah dan memperbaiki kesehatan darah. Sarden juga makanan yang baik bagi otak, omega 3 akan memperbaiki fungsi otak dan memori. Semua tubuh ikan ini dapat kita makan, sehingga akan memberikan kalsium, zat besi, dan vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang. Sarden juga mengandung ko-enzym Q10 (CoQ10) yang membantu memperbaiki peradaran darah dan energy fisik.

Baca Juga:  Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Bekerja

Rumput laut

Rumput laut adalah salah satu tanaman laut yang mengandung vitamin C, seng, dan yodium. Kandungan protein yang terdapat pada rumput laut ini juga sangat tinggi. Karbohidrat komplek yang berda di angka 40% dari berat total rumput laut ini berarti anda akan mendapat energy cepat dengan angka indeks glikemik yang rendah. Kandungan serat yang tinggi pula dapat mengakibatkan rasa kenyang terasa lebih lama, sangat baik bagi pencernaan dan diet.

 Manfaat seafood untuk kesehatan :

1. Mengandung omega-3 asam lemak tak jenuh ganda
2. Mengandung asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA)   yang  baik bagi tubuh
3. Mencegah osteoporosis
4. Memiliki sifat tekanan rendah, jadi baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi
5. Membantu untuk mengurangi berat badan
6. Dianjurkan untuk menyantap seafood sekali atau dua kali dalam seminggu

Sumber:bulevarhijau.com&dskon.com