15 Manfaat Super Makan Telur Selama Kehamilan

doktersehat telur bisulan

DokterSehat.Com– Telur adalah makanan yang enak dan praktis untuk dikonsumsi. Telur sangat cocok untuk sarapan, makan siang, makan malam, sebagai lauk, dan makanan pelengkap. Telur disukai oleh semua kalangan, anak-anak dan bahkan orang dewasa termasuk oleh ibu yang sedang hamil.

Telur memiliki nutrisi yang bermanfaat bagi wanita hamil. Banyak ahli telah merekomendasikan telur untuk wanita hamil karena telur membawa manfaat kesehatan tidak hanya untuk wanita hamil tetapi juga untuk janin di dalam rahim.

Gizi yang terkandung dalam telur

Telur adalah makanan yang memiliki kandungan protein tinggi. Selain itu, telur juga mengandung banyak lemak, mineral, dan kolin tinggi yang sangat baik untuk ibu hamil. Telur juga mengandung selenium, seng, vitamin A, vitamin D, dan vitamin B kompleks yang dibutuhkan selama kehamilan. Semua kandungan ini membuat telur memiliki beberapa manfaat kesehatan untuk kehamilan. Berikut 15 manfaat mengonsumsi telur selama kehamilan:

1. Membantu perkembangan otak dan syaraf janin

Telur adalah makanan yang baik untuk menjaga dan merawat perkembangan bayi. Telur memiliki banyak kandungan yang bermanfaat dan sesuai dalam konsumsi untuk wanita hamil, seperti kolin. Kandungan ini mampu mempertahankan perkembangan saraf otak janin di dalam rahim. Itu sebabnya wanita hamil disarankan untuk makan telur selama kehamilan.

2. Memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak

Wanita hamil sangat rentan terhadap kondisi atau kesehatan. Karena ada janin di dalam rahim, ia mampu memicu gangguan kehamilan karena kerusakan sel di dalam tubuh. Oleh karena itu disarankan oleh dokter untuk makan telur. Karena telur dapat memperbaiki sel yang rusak. Tidak hanya itu, telur juga berguna untuk merawat sel, memperbaiki, dan menjaga kualitas sel agar tetap baik.

3. Mengurangi risiko cacat tabung saraf untuk bayi

Beberapa penelitian yang telah dilakukan secara luas telah membuktikan bahwa, sekitar 72% bayi atau di bawahnya memiliki risiko cacat janin atau cacat lahir. Hal ini disebabkan karena ibu hamil mengalami kekurangan choline. Kondisi ini akan memengaruhi struktur fisiologis seperti cacat neurologis, cacat saraf tulang belakang dan anensefali. Tentu saja, semua wanita hamil tidak ingin bayi mereka mengalaminya. Jadi, alangkah baiknya jika Anda mengonsumsi telur untuk menghindari masalah ini.

4. Membantu anak-anak pintar

Salah satu manfaat kesehatan dari telur dalam kehamilan adalah untuk membuat bayi Anda pintar. Semua orang tua ingin anak-anak mereka menjadi pintar. Menurut penelitian yang telah di uji lab disebutkan salah satu cara untuk membuat anak pintar sejak di kandungan, adalah dengan mengonsumsi telur. Kolin yang terkandung dalam telur, akan membantu bayi memiliki kemampuan kognitif yang lebih tinggi. Tes ini telah terbukti melalui beberapa penelitian yang dilakukan pada tikus dan beberapa hewan lainnya, yang menunjukkan hasil positif.

5. Mengatasi kecemasan dan depresi

Wanita yang berada dalam kehamilan akan memiliki tingkat kecemasan dan depresi yang tinggi. Telur yang mengandung kolin yang diberikan kepada ibu hamil akan memengaruhi DNA dan aktivitas hormon di dalam tubuh. Prof Eva Pressman menyebutkan bahwa gen-gen yang mengatur hormon kortisol atau hormon yang menyebabkan stres, depresi, dan kecemasan bisa dilawan terhadap konten kolin. Penambahan banyak asupan kolin pada wanita hamil juga dapat memengaruhi ekspresi perkembangan janin sampai ia menjadi dewasa.

6. Mencegah kanker

Telur adalah salah satu makanan pencegah kanker secara alami. Ibu yang melahirkan akan cenderung memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara dan kanker hati. Ini dipengaruhi oleh kadar hormon estrogen dan progesteron yang ada di dalam tubuh. Untuk menghindari salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi telur. Kandungan kolin dapat bermanfaat sebagai perlindungan dari kanker payudara dan kanker hati.

7. Bermanfaat untuk ASI

Menurut data yang ditampilkan di USDA menyatakan bahwa wanita yang sedang hamil membutuhkan minimal 450 mg konten kolin. Sementara wanita yang sedang menyusui membutuhkan tingkat kolin 550 mg. Ini berguna karena ternyata jenis makanan kolin untuk banyak susu atau memfasilitasi ASI. Telur membawa manfaat luar biasa bagi wanita hamil dan ibu menyusui.

8. Mengurangi risiko bayi lahir dengan penyakit

Bayi yang lahir akan sangat rentan terhadap penyakit. Bayi harus beradaptasi lagi setelah lahir untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Kesehatan bayi dipenuhi oleh asupan kolin, lebih sedikit terpengaruh oleh gangguan atau penyakit saat mereka keluar dari rahim ibunya.

9. Mencegah peradangan

Bayi dan ibunya akan sangat rentan terhadap beberapa gangguan. Salah satunya adalah fungsi darah yang tidak normal seperti gangguan anti-inflamasi. Untuk itu, mengonsumsi telur dapat mencegah terjadinya anti-inflamasi di tubuh wanita serta bayi yang dilahirkan.

10. Merawat jantung

Jantung adalah bagian paling mutlak yang harus dijaga. Itu sebabnya Anda harus merawat dan menjaga kesehatan jantung. Menurut penelitian, menyatakan bahwa wanita dan anak-anak yang terbiasa makan telur setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena gejala serangan jantung.

11. Memberi energi

Telur adalah makanan yang cocok karena mengandung banyak manfaat dan asupan energi yang cukup untuk ibu dan bayi, seperti vitamin, mineral, lemak, serta beberapa asupan tambahan lainnya. Kalori dalam telur juga membantu seseorang yang mengonsumsi telur, kurang mengonsumsi makanan berat.

12. Membantu pertumbuhan janin

Telur memiliki manfaat protein penting selama kehamilan. Setiap sel yang tumbuh pada bayi terbuat dari protein, jadi telur dengan jumlah yang cukup selama kehamilan sangat baik untuk janin. Selain janin, protein juga dibutuhkan oleh wanita hamil. Jadi protein dapat bermanfaat baik untuk ibu dan bayi.

13. Kolesterol

Sebanyak 2 butir telur sehari untuk mendapatkan kebutuhan lemak sangat cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil yang memiliki kadar kolesterol normal. Jika kadar kolesterol tinggi maka Anda harus menghindari kuning telur. Jadi Anda masih bisa mengonsumsi putih telur, sementara kuning telur disisihkan.

14. Menyediakan vitamin

Telur mengandung beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa vitamin ini termasuk vitamin D, vitamin A, vitamin B2, dan vitamin B12. Telur adalah salah satu Sumber Makanan Vitamin D. Vitamin D bermanfaat bagi kesehatan tulang, sementara salah satu Manfaat Vitamin A selama Kehamilan baik untuk kesehatan mata.

Vitamin B2 atau riboflavin adalah salah satu vitamin B kompleks yang berperan dalam produksi energi dalam tubuh, proses pertumbuhan, dan membantu tubuh memproses oksigen untuk digunakan dalam tubuh. Vitamin B12 atau cobalamin bekerja dalam membantu metabolisme dalam tubuh, terutama sintesis dan regulasi DNA, metabolisme asam lemak dan metabolisme asam amino. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kerusakan pada otak dan sistem saraf.

15. Menyediakan folat dan yodium

Telur mengandung folat dan yodium yang dibutuhkan oleh tubuh. Kesehatan jantung, mencegah stroke, mempertahankan mood seseorang, dan menjaga kesehatan usus adalah beberapa tugas folat. Yodium sendiri berguna untuk mengontrol kelenjar tiroid yang berfungsi untuk metabolisme tubuh.