Manfaat Makan Malam Lebih Awal

DokterSehat.Com – Masalah kesehatan yang berkaitan dengan pola makan seperti obesitas atau diabetes sudah umum terjadi, dan semakin hari semakin banyak orang yang mengalaminya. Hal ini biasanya disebabkan oleh pilihan makanan atau pola makan yang tidak sehat. Makanan tidak sehat yang kurang bisa dicerna dengan baik dapat menyebabkan gangguan tersebut.

12

Salah satu hal yang sering menyebabkan masalah tersebut adalah jam makan malam, apalagi makanan yang dikonsumsi adalah makanan berat. Padahal beberapa jam kemudian anda sudah memasuki jam tidur dan sistem dalam tubuh anda akan berhenti bekerja. Maka dari itu, anda disarankan untuk makan malam lebih awal atau jauh sebelum memasuki jam tidur.

Makan malam lebih awal memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, diantaranya :

  • Mengurangi kecenderungan makan berlebih
    Makan malam lebih awal akan membantu anda mengurangi kecenderungan untuk makan lebih banyak atau secara berlebihan. Ini dikarenakan jarak antara makan siang dan makan malam yang lebih awal tidak terlalu lama, sehingga perut tidak akan terasa terlalu lapar di malam harinya. Dengan begitu, porsi makan malam pun tidak akan terlalu banyak.

    Tubuh mempunyai jam alami terhadap pencernaan. Di atas jam 5 sore merupakan saat di mana tubuh akan mencerna makanan. Oleh karena itu, jangan membebani kerjanya dengan makan terlalu banyak atau makan makanan berat. Anda disarankan untuk makan malam sebelum pukul 7 malam. Jika anda makan malam lebih dari jam tersebut, bisa jadi masalah pencernaan yang anda dapat.

  • Menghindari obesitas
    Penelitian telah menunjukkan bahwa obesitas dan makan malam memiliki hubungan yang erat. Hal ini dikarenakan sistem penceraan tubuh tidak dapat berlangsung dengan baik ketika malam hari. Selain itu, sistem metabolisme tubuh cenderung melambat. Makan malam lebih awal membantu anda meminimalkan risiko untuk mengalami obesitas.
  • Memberikan waktu yang lebih lama untuk mencerna makanan
    Dengan makan malam lebih awal, anda akan memberikan waktu yang lebih lama supaya makanan dapat dicerna dengan baik. Karena ketika tidur, proses pencernaan makanan tidak bisa sempurna dan pada akhirnya menyebabkan berbagai masalah pencernaan.
  • Menghindari kenaikan asam lambung
    Apabila anda mengonsumsi makanan berat sebelum tidur, kemungkinan besar anda akan merasa tidak nyaman ketika berbaring di tempat tidur. Di sisi lain, asam lambung juga ikut naik dan mengakibatkan rasa seperti terbakar di hati. Makan malam lebih awal membantu anda untuk mencegah masalah-masalah tersebut.