10 Manfaat Makan Bayam Selama Kehamilan

DokterSehat.Com–┬áVitamin membantu fungsi tubuh berfungsi normal. Ini menjadi semakin penting selama kehamilan. Selama kehamilan, seorang wanita harus mengonsumsi makanan yang berbeda, untuk kelengkapan vitamin, mineral, protein, lemak dan karbohidrat.

Vitamin yang terkandung dalam sayuran seperti bayam akan memberikan nutrisi yang tepat untuk perkembangan dan kesehatan bayi selama kehamilan, juga sangat penting untuk memastikan asupan vitamin dan mineral dalam jumlah yang tepat.

Alasan mengapa bayam penting selama kehamilan adalah karena 98 persen dari nutrisi bayam dibutuhkan oleh wanita hamil dan janin.

Nutrisi yang terkandung dalam 100 gram bayam adalah:

  • Protein 2,3 gram;
  • Karbohidrat 3,2 gram;
  • Besi 3 gram;
  • Asam folat 194 mcg dan
  • Kalsium 81 gram.

Bayam juga kaya vitamin A, vitamin C, B1 (thiamin), B3 (niacin), fosfor, B2 (riboflavin), natrium, kalium dan magnesium.

Manfaat dari nutrisi dari bayam selama kehamilan sangat penting. Setiap wanita harus mempertimbangkan manfaat ini.

Ingin tahu apa yang hebat dari sayuran ini dan apakah aman untuk mengonsumsi bayam selama kehamilan? Mari kita cari tahu!

Manfaat mengonsumsi bayam selama kehamilan

Mengapa Anda harus mengikuti jejak Popeye untuk memakan bayam? Berikut 10 manfaat mengonsumsi bayam yang luar biasa selama kehamilan:

1. Mencegah cacat lahir

Bayam penuh dengan folat atau asam folat. Anda membutuhkan asam folat selama kehamilan untuk melindungi bayi yang belum lahir dari cacat lahir seperti bibir sumbing, langit-langit mulut sumbing, dan spina bifida (kelainan tabung saraf).

2. Mengurangi kemungkinan kelahiran prematur

Jika Anda tidak mendapatkan jumlah asam folat yang cukup selama kehamilan, kemungkinan mengalami keguguran meningkat. Dengan kandungan folatnya, bayam dapat bekerja untuk mencegah persalinan dan kelahiran prematur.

3. Mencegah anemia

Banyak wanita menderita anemia selama kehamilan. Ini karena tubuh Anda membutuhkan zat besi tambahan untuk membantu bayi Anda tumbuh. Jika menambahkan bayam ke dalam menu makanan, Anda dapat memastikan pasokan zat besi dan asam folat yang sehat, yang dapat mencegah dan mengobati anemia. Bukan hanya itu! Asam folat dalam bayam juga dapat membantu mencegah berat badan lahir rendah pada bayi yang baru lahir.

4. Mencegah kekurangan folat

Selama kehamilan, kekurangan asam folat dapat menyebabkan radang gusi, kehilangan nafsu makan, diare, iritabilitas, pikun, dan kelesuan mental. Anda dapat mencegah semua masalah ini dengan menambahkan bayam ke diet Anda.

5. Membantu pengembangan paru-paru

Bayam mengandung banyak beta-karoten. Beta-karoten ini, diubah menjadi vitamin A, membantu dalam perkembangan paru-paru bayi yang belum lahir. Vitamin A juga membantu berat badan bayi bertambah dan meningkatkan metabolisme calon ibu.

6. Mencegah wasir dan sembelit

Apakah Anda menderita sembelit? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian! Sembelit sering terjadi pada wanita hamil, seperti wasir. Kedua kondisi saat hamil ini dapat diatasi dengan memasukkan bayam dalam menu makan. Kandungan serat dalam bayam memudahkan gerakan usus dan memberikan bantuan dari sembelit.

7. Mengurangi nyeri

Selama kehamilan, seluruh tubuh Anda mungkin tampak kesakitan. Berat badan dan ukuran tubuh yang bertambah, serta hormon yang berfluktuasi, dapat memengaruhi tulang dan otot Anda. Bayam mengandung glikolipid, agen anti-inflamasi, yang dapat mengurangi dari rasa sakit dan nyeri selama kehamilan.

8. Menurunkan tekanan darah

Jika Anda hamil, penting untuk mengelola tekanan darah. Tekanan darah tinggi selama kehamilan bisa menjadi masalah hidup dan mati. Bayam mengandung nitrat yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah.

9. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Apakah Anda sering menderita pilek dan penyakit umum lainnya selama kehamilan? Bayam mengandung banyak vitamin C, yang merupakan antioksidan. Vitamin C dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap sehat dan mencegah penyakit umum.

10. Menguatkan tulang

Kehamilan memberi banyak tekanan pada tulang Anda. Bukan hanya itu. Bayi yang belum lahir juga membutuhkan kalsium untuk pertumbuhannya yang sehat. Bayam mengandung kalsium dan dapat menyediakan tulang Anda dengan kekuatan yang sangat dibutuhkan.

Sayuran hijau ini begitu banyak memiliki segudang manfaat, bukan? Namun, bayam juga memiliki beberapa efek samping.

Efek samping mengonsumsi bayam saat hamil

Berikut bagaimana bayam dapat berdampak negatif pada kehamilan Anda:

1. Dapat menyebabkan batu ginjal

Apakah Anda seseorang yang menderita batu ginjal? Jika ya, maka Anda harus mencoba dan menghindari bayam selama kehamilan. Bayam mengandung jumlah oksalat yang tinggi dan dapat menyebabkan batu ginjal. Hal terakhir yang Anda butuhkan saat hamil adalah mengatasi sakit batu ginjal!

2. Dapat menyebabkan masalah pencernaan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, bayam memiliki banyak serat. Sementara serat ini dapat membantu meringankan sembelit, juga dapat menyebabkan beberapa masalah pencernaan yang tidak menyenangkan lainnya. Jika Anda mengonsumsi bayam, Anda bisa mengalami kentut, kembung, dan kram.

3. Mengandung salisilat

Hindari bayam jika Anda ingin mudah melahirkan. Bayam mengandung salisilat, yang dapat menyebabkan kehamilan dan persalinan yang berkepanjangan, serta kemungkinan peningkatan kehilangan darah selama persalinan.

Bayam sangat baik dan harus menjadi bagian dari diet kehamilan Anda. Memang ada beberapa efek samping, tetapi Anda tidak perlu khawatir tentang itu. Anda akan mengalami efek samping tersebut hanya jika Anda mengonsumsi bayam secara berlebihan selama kehamilan. Jadi, tetap berpegang pada diet seimbang. Lakukan yang terbaik untuk tubuh Anda dan janin.