Manfaat Main Game Bagi Kesehatan Mental

Dokter Sehat – Bermain Video Games atau apalah sebutan lainnya yang jelas sebuah permainan yang dimainkan pada sebuah perangkat gadget, baik komputer, laptop atau Playstation 4,3,2,1, Xbox, Nintendo dan lain-lain. Ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan kemampuan berfikir otak, hal ini berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal utama American Psychological Association, American Psychologist. Yang lebih mencengangkan lagi bahkan games aksi (perang dan kekerasan) dan strategy lebih besar efek positifnya pada perkembangan kemampuan berfikir, kesehatan mental dan kehidupan sosial pada anak.



Penulis utama Isabela Granic, Profesor Developmental psikopatologi di Radboud University Nijmegen di Belanda, mengatakan penelitian penting telah dilakukan selama beberapa dekade tentang efek negatif dari game, termasuk kecanduan, depresi dan agresi, dan kami tentu tidak menyarankan bahwa ini harus diabaikan. Namun, untuk memahami dampak video game pada anak-anak dan remaja, pembangunan perspektif yang lebih seimbang yang dibutuhkan.

Sementara satu pandangan luas mempertahankan bermain video game menyebabkan kemalasan secara intelektual, Kenyataannya bermain tersebut benar-benar dapat memperkuat berbagai keterampilan kognitif seperti navigasi spasial, penalaran, memori dan persepsi, menurut beberapa penelitian terakhir dalam artikel.

Para penulis mengatakan hal ini terutama berlaku untuk game aksi FPS (First Person Shooter) yang sarat kekerasan, seperti Call of Duty 2, yang merupakan salah satu judul game yang digunakan untuk mempelajari manfaat kognitif.

Sebuah studi 2013 menemukan bahwa bermain video game shooter meningkatkan kapasitas pemain untuk berpikir tentang obyek dalam tiga dimensi, sama seperti program akademik untuk meningkatkan keterampilan yang sama, menurut penelitian ini.

Hal ini memiliki implikasi penting untuk pendidikan dan pengembangan karir, karena penelitian sebelumnya telah membentuk kekuatan keterampilan spasial untuk prestasi di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, teknik dan matematika. Berpikir ditingkat ini tidak ditemukan dengan bermain jenis lain dari video game, seperti teka-teki atau role-playing game.

Bermain video game juga dapat membantu anak-anak mengembangkan kemampuan memecahkan masalah, semakin banyak remaja dilaporkan bermain video game strategi, seperti role-playing game, semakin mereka membaik dalam pemecahan masalah dan nilai sekolah tahun berikutnya, menurut sebuah studi jangka panjang yang diterbitkan pada tahun 2013. Terlebih lagi, kreativitas anak-anak juga ditingkatkan dengan memainkan segala jenis video game, termasuk game kekerasan.

Baca Juga:  Apakah Baik Melakukan Olahraga di Malam Hari?

Game sederhana yang mudah untuk di akses dan dapat dimainkan dengan cepat, seperti Angry Birds, dapat meningkatkan suasana hati pemain, mempromosikan relaksasi dan menangkal kecemasan, kata studi tersebut. Jika bermain video game hanya membuat orang lebih bahagia, ini tampaknya menjadi manfaat emosional yang mendasar untuk dipertimbangkan.

Para penulis juga menyoroti kemungkinan bahwa video game adalah alat yang efektif untuk belajar ketahanan dalam menghadapi kegagalan. Dengan belajar untuk mengatasi kegagalan terus-menerus dalam permainan, penulis menyarankan bahwa anak-anak membangun ketahanan emosional yang mereka dapat mengandalkan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Stereotip lain penelitian tantangan adalah gamer terisolasi secara sosial. Lebih dari 70 persen dari gamer bermain dengan seorang teman dan jutaan orang di seluruh dunia berpartisipasi dalam dunia maya besar-besaran melalui video game seperti Farmville dan World of Warcraft, artikel mencatat. Multiplayer game menjadi komunitas sosial virtual, di mana keputusan harus dibuat dengan cepat tentang siapa yang harus dipercaya atau menolak dan bagaimana memimpin kelompok.

Manfaat main game :

•Meningkatkan keterampilan
Seorang pemain game sejatian mengingat detil-detil penting dari game yang dimainkannya, mereka juga akan memperbaiki catatan waktu atau rekor yang mereka buat dalam suatu game setiap waktu. Suatu penelitian dari Universitas Rochester menemukan bahwa bermain game dapat meningkatkan presepsi dan keterampilan seseorang.

•Mengatasi depresi
Bermain game dapat mengatasi depresi yang Anda alami, game mangaktifkan sistem syaraf parasimpatis yang dapat mengurangi tekanan yang menimbulkan stres pada diri Anda.

•Membuat Anda dapat mengontrol mimpi
Peneliti memaparkan bahwa seseorang yang bermain game sebenarnya tengah berlatih untuk mengontrol dunia mimpinya. Dalam game, seseorang dapat mengontrol lingkungan mereka, sehingga mereka dapat mengontrol dan mengurangi mimpi buruk mereka dan memberikan kestabian mental dan emosi.

•Meningkatkan perhatian visual
Universitas Rochester menemukan bahwa bermain game tidak hanya dapat membuat seseorang lebih jeli pada lingkungandi sekitarnya, namun juga meningkatkan kemampuan seseorang untuk mempertahankan fokusnya saat dibutuhkan.