Manfaat Magnesium Untuk Mencegah Berbagai Penyakit

DokterSehat.Com – Dunia ini memiliki banyak sekali misteri yang menarik untuk diketahui. Diantara semua misteri tersebut, sebagian ada yang sudah terungkap dan diteliti secara medis, dan sebagian lagi masih menjadi tanda tanya yang besar. Beberapa misteri alam yang telah terungkap adalah berbagai zat atau nutrisi yang bermanfaat bagi manusia, entah itu yang didapatkan dari makanan, minuman, buah buahan, sayuran, dan lain sebagainya. Sebut salah Magnesium, zat ini dulunya hanya sebatas kemungkinan, yang seiring dengan berjalannya waktu, manusia sudah mulai mengenal bahwasanya salah satu manfaat magnesium untuk mencegah berbagai penyakit. Yah, tubuh yang mendapatkan asupan magnesium yang cukup bisa terhindari dari datangnya penyakit yang diakibatkan oleh bakteri, virus, kuman, dan lain sebagainya.



Magnesium merupakan salah satu jenis mineral yang terkandung dalam tubuh karena memang zat tersebut sangat dibutuhkan. Saat porsi magnesium tercukupi, maka orang tersebut akan memiliki kesehatan yang terjaga serta terhindar dari kemungkinan datangnya berbagai penyakit, akan tetapi saat porsinya kurang atau sedikit, maka manusia rentan sekali sakit. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk memilih menu makanan yang sehat dan seimbang, terutama yang mengandungmagnesium untuk mencegah berbagai penyakit.

Beberapa jenis penyakit yang bisa dicegah dengan memenuhi kebutuhan magnesium adalah sebagai berikut :

1. Osteoporosis
Kepadatan tulang yang menurun atau keroposnya tulang salah satunya disebabkan ileh kurangnya magnesium dalam tubuh, karena magnesium merupakan salah satu unsur mineral penyusun tulang yang utama. Jadi, jika Anda ingin terhindar dari osteoporosis, maka cukupi kebutuhan kalsium dan magnesium Anda.

2. Lemah dan tidak bertenaga
Magnesium pun bisa menjaga agar fungsi otot bekerja normal. Saat Anda merasa kekuatan otot berkurang, hal itu disebabkan terjadinya defisiensi magnesium dalam tubuh Anda.

Baca Juga:  Tips Aman Berolahraga Saat Anda Punya Asma

3. Terganggunya metabolism
Awal mula kemunculan gangguan kesehatan adalah dikarenakan terganggunya metabolisme. Dan salah satu yang membuat terganggunya metabolisme adalah kurangnya magnesium dalam tubuh, dikarenakan magnesium memiliki peran yang sangat penting dalam membantu tubuh melakukan sintesis protein, mengaktifkan enzim metabolisme, dan menghasilkan energi untul sel. Oleh karena itu, cukupi kebutuhan magnesium untuk mencegah berbagai penyakit, karena metabolisme kita lancar dan sehat.

4. Gangguan pencernaan
Mediasi dari proses pencernaan bisa didukung dengan kecukupan magnesium. Dengan memenuhi kebutuhannya, maka kita bisa tercegah dari penyakit konstipati, kram perut, muntah, flatulen dan nyeri perut.

5. Diabetes
Magnesium pun sangat berperan dalam mengendalikan dan mengontrol kadar gula darah. Reaksi insulin yang terjadi bisa ditingkatkan dengan magnesium, sehingga kadar glukosa terkendali dan Anda bisa terhindar dari penyakit diabetes.

6. Hipertensi atau tekanan darah tinggi
Magnesium pun berperan penting dalam mengendalikan dan mengontrol tekanan darah. Tidak sedikit orang yang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi dikarenakan terjadinya defisiensi magnesium dalam tubuhnya. Dengan mencukupi kebutuhan magnesium, Anda bisa mengontrol tekanan darah, juga bisa menghindari terjadinya komplikasi hipertensi.

Itulah beberapa penyakit yang bisa dicegah jika kita memperhatikan kadar magnesium dalam tubuh kita. Pilih makanan tepat yang mengandung magnesium untuk mencegah berbagai penyakit datang melanda.