Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Dokter Sehat – Sejak zaman dulu madu dipercaya memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, manfaat madu sudah sangat dikenal dan ampuh. Madu memiliki rasa manis sehingga dapat dijadikan alternatif pengganti gula, dari segi kesehatan tentu madu lebih sehat jika dibandingkan dengan gula. Madu berbentuk cairan yang kental dengan warna kuning, dan coklat. Dan madu sangat umum dijadikan sebagai sumber energi karena memiliki kandungan 64 kalori per sendok makan.



Madu memiliki kalori gula dan dapat menyerap lemak dengan baik, terutama kalau dikonsumsi bersamaan dengan air hangat. Madu memiliki banyak kandungan bergizi seperti mineral dan vitamin, yang didapat dari nektar bunga yang berhasil dihisap oleh lebah. Madu memiliki sifat antibiotik sehingga dapat digunakan sebagai antiseptik alami yang dapat digunakan dan tanpa adanya efek samping. Dan madu juga memiliki kandungan nutrasetikal yang efektif mengeluarkan radikal bebas dari tubuh manusia. Sehingga kekebalan tubuh kita akan meningkat dan membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Berikut ini manfaat madu untuk kesehatan :

  1. Menjaga kesehatan mata
  2. Untuk mengobati luka
  3. Memperkuat sel darah putih
  4. Menambah kesuburan suami istri
  5. Penambah tenaga
  6. Menstabilkan tekanan darah
  7. Mengobati anemia
  8. Mengobati alergi
  9. Mencegah osteoporosis
  10. Mencegah infeksi pada luka
  11. Mengatasi gangguan pernafasan
  12. Mengatasi sembelit
  13. Menghilangkan gejala penyakit asma
  14. Mengatasi gangguan jantung
  15. Mengatasi radang tenggorokan

Manfaat madu selain untuk kesehatan, juga dapat digunakan untuk kecantikan, madu dipercaya dapat menjadikan kulit lebih halus dan lembut.