Sudah Tahu Likopen? Ini 3 Manfaatnya Untuk Tubuh

doktersehat-likopen-manfaat
Photo Credit: Flickr.com/dominik18s

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda mendengar tentang likopen? Meskipun jarang diketahui, namun ternyata likopen merupakan zat yang mudah ditemukan dan sangat bermanfaat untuk tubuh lho.

Ya, likopen merupakan salah satu zat antioksidan yang kandungan antioksidannya paling tinggi.

Bahkan beberapa studi menyebutkan bahwa likopen merupakan antioksidan kuat yang sangat efektif untuk mencegah kanker, diantaranya kanker payudara dan prostat.

Selain itu likopen akan memberikan manfaat dari kandungan antioksidannya yang tinggi karena mampu mencegah berbagai risiko penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, alzheimer atau radang sendi.

Hal ini dapat terjadi karena beberapa manfaat utama dari likopen adalah:

1. Mendukung fungsi kesehatan jantung

Likopen mampu memberikan manfaat untuk kesehatan jantung dengan fungsinya yang mampu menurunkan kolesterol tubuh hingga lebih dari 5 mg/dL.

Selain itu asupan likopen yang baik untuk tubuh dapat menurunkan tekanan darah tubuh. Hal ini yang kemudian menyebabkan likopen sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Mengurangi risiko gangguan pada saraf

Penelitian yang dilakukan di Eropa membuktikan bahwa konsumsi makanan yang mengandung likopen tinggi mampu meringankan rasa nyeri akibat gangguan pada saraf.

Hal ini kemudian banyak dikaitkan dengan fungsi likopen untuk mencegah kerusakan saraf hingga penyakit alzheimer.

3. Menjaga kesehatan tulang

Konsumsi likopen terbukti mampu menjaga tulang lebih sehat. Hal ini disebabkan fungsi antioksidan pada likopen yang mampu menangkal terjadinya gangguan oksidatif yang dapat menyebabkan kerapuhan pada tulang. Sehingga dengan konsumsi likopen yang cukup kekuatan tulang akan terdukung.

Ada berbagai manfaat pada likopen, lalu darimana kita bisa memperolehnya?

Likopen merupakan salah satu bagian dari zat antioksidan jenis karotenoid. Zat ini selain bermanfaat namun juga merupakan pemberi warna merah pada bahan makanan.

Sehingga jika kita ingin mendapatkan asupan likopen yang cukup, pilih bahan makanan berwarna merah misalnya tomat, yang merupakan sumber utama likopen, disusul dengan semangka, jambu biji merah, pepaya dan kubis ungu, ya.