3 Manfaat Mengonsumsi Air Lemon Selama Masa Kehamilan

doktersehat-minuman-lemon-dan-mint
Source: Flickr.com

DokterSehat.Com– Wanita hamil tidak dianjurkan untuk makan sembarangan. Mereka harus bisa memilih makanan yang sehat untuk dikonsumsi agar ibu dan janin tetap dalam keadaan sehat. Umumnya, wanita hamil disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, asam folat, kalsium, dan nutrisi penting lainnya. Begitu pula dengan minuman, mereka harus lebih banyak minum air putih dibanding dengan minuman lainnya.

Sebagian orang beranggapan bahwa selama masa kehamilan tidak boleh minum air lemon karena memiliki rasa yang cukup asam. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, dokter masih tetap menyarankan wanita hamil minum air lemon karena memiliki banyak manfaat asalkan dalam jumlah yang tidak berlebihan. Untuk itu, berikut adalah manfaat air lemon untuk wanita hamil yang wajib Anda ketahui.

1. Menurunkan Hipertensi

Wanita hamil memiliki risiko terkena tekanan darah tinggi lebih mudah dibanding dengan wanita yang tidak hamil. Hal ini dikarenakan kondisi kesehatan pada wanita hamil sangat rentan. Tekanan darah tinggi pada wanita hamil bisa menyebabkan mereka mengalami pre-eklamsia. Dan jika terus dibiarkan, maka bisa menyebabkan kematian. Oleh karenanya, Anda harus bisa menghindari kemungkinan terburuk tersebut dengan melindungi diri dari risiko hipertesi, yakni mengonsumsi air lemon segar secara rutin.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada lemon dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada wanita hamil. Sebab, selama kehamilan pasti akan mengalami rasa cemas yang akhirnya membuat mereka mudah sakit. Hal tersebut tentu saja akan berpotensi memicu timbulnya penyakit yang cukup serius yang akhirnya bisa membahayakan kesehatan janin. Untuk itu, konsumsilah air lemon segar agar sistem kekebalan tubuh selama masa kehamilan bisa meningkat.

3. Obat Sembelit

Selama masa kehamilan, masalah yang sering dirasakan yakni sembelit. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi air lemon karena bisa membantu perut mengeluarkan lebih banyak cairan di sistem pencernaan. Sehingga, hal itu bisa membantu gerakan peristaltik usus besar yang membantu melawan sembelit.