Bukan Hanya Pencernaan, Ini 3 Manfaat Lain Dari Yoghurt

doktersehat-manfaat-yoghurt
Photo Credit: Flickr.com/Jaro Larnos

DokterSehat.Com– Apakah Anda gemar mengonsumsi yoghurt? Minuman sehat yang satu ini memang sangat terkenal dengan manfaatnya untuk pencernaan ya. Namun ternyata manfaat yoghurt bukan hanya untuk pencernaan saja lho. Lalu apa sajakah?

Yoghurt memang merupakan salah satu produk yang menyehatkan. Kandungan bakteri baik yang ada pada yoghurt terbukti mampu membentuk suasana dan lingkungan pencernaan yang optimal.

Selain itu yoghurt juga kerap mendapatkan tambahan bahan makanan menyehatkan lainnya seperti stanol dan sterol yang membuat yoghurt menjadi pilihan sehat untuk menjaga kesehatan kolesterol tubuh.

Namun, manfaat dan kehebatan yoghurt tidak cukup sampai disitu saja. Inilah tiga manfaat lain dari konsumsi yoghurt yang akan dirasakan oleh tubuh kita:

1. Mengurangi risiko alergi dalam tubuh

Yoghurt tentu dikenal dengan kandungan probiotiknya yang tinggi. Jika biasanya probiotik hanya dikaitkan dengan pencernaan. Maka kini sudah berbagai penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan probiotik yang ada pada yoghurt mampu mencegah risiko terjadinya alergi dalam tubuh.

Hal ini disebabkan probiotik mampu meningkatkan daya tahan tubuh, utamanya pencernaan sehingga dapat menurunkan risiko alergi.

2. Mengatasi intoleransi laktosa

Tidak hanya alergi, kandungan bakteri baik pada yoghurt juga terbukti mampu mengatasi intoleransi laktosa. Hal ini akan terjadi pada jenis yoghurt yang memiliki kandungan bakteri S. Thermophillus.

Sehingga jika yoghurt jenis ini dikonsumsi oleh penderita intoleransi laktosa maka akan memberikan manfaat bagi pencernaan hingga mengatasi atau mengurangi reaksi pencernaan yang muncul akibat intoleransi laktosa.

3. Yoghurt mengatasi diare

Salah satu masalah pencernaan yang kerap datang dan mengganggu adalah diare. Ternyata diare juga bisa di atasi dengan konsumsi yoghurt lho. Penelitian telah menunjukkan bahwa yoghurt efektif mengurangi terjadinya diare yang terjadi akibat konsumsi obat jenis antibiotik.

Yoghurt ternyata tidak hanya baik untuk pencernaan saja ya, jadi kini tidak ada salahnya kan menjadikan yoghurt sebagai salah satu produk yang rutin Anda konsumsi?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik