Manfaat Kunyit Untuk Masalah Wanita

Dokter Sehat – Kunyit atau lebih dikenal sebagai kunir oleh masyarakat Jawa adalah tanaman obat yang berasal dari Asia, tanaman ini tumbuh amat baik di Indonesia dan mudah didapati di pasaran. Bagian utama dari kunyit yang memiliki khasiat obat adalah rimpangnya yang berada di dalam tanah, kunyit sudah tidak asing lagi bagi ibu-ibu yang biasa menambahkannya dalam masakan sebagai salah satu ramuan bumbu.

11

Kunyit rasanya agak pahit dengan campuran sedikit pedas, berbau khas aromatik, berwarna kuning dan tidak beracun. Senyawa kimia utama yang terkandung dalam rimpang kunyit adalah minyak atsiri dan kurkuminoid, warna kuning kunyit berasal dari kurkuminoid yang mengandung kurkumin. Aroma khasnya adalah dari minyak atsiri yang mengandung alkohol seskuiterpen, rimpang kunyit juga mengandung protein, kalsium, fosfor, besi, lemak dan gom.

Manfaat kunyit untuk masalah wanita :

1. Menstruasi tidak teratur
Anda bisa mengonsumsi sari kunyit untuk membuat menstruasi lebih teratur dan tidak nyeri, minuman kunyit bisa melancarkan datang bulan dan mengatasi kelelahan.

2. Keputihan
Air asam dan gula jawa dengan tambahan parutan kunyit tua, bisa mengatasi keputihan yang terjadi pada wanita. Minum secara rutin 2 hari sekali dan kurangi makanan atau minuman manis serta aktivitas berlebihan.

3. Sakit perut bagian bawah
Ada kalanya setelah haid atau sebelumnya, tubuh dalam kondisi kelelahan dan bereaksi pada area tubuh lain seperti perut bawah, payudara, punggung atau panggul. Minum sari kunyit dengan sedikit jahe bisa meredakan rasa sakit tersebut.

4. Jerawat
Anda bisa mengonsumsi kunyit dengan sari buah untuk membantu mengatasi masalah jerawat, selain itu Anda bisa juga menggunakan masker dari kunyit bubuk untuk mengatasi jerawat, luka dan mencerahkan kulit. Jangan didiamkan agar tidak membekas kekuningan.

Baca Juga:  Hati-hati Mendengkur Bisa Memicu Penyakit

5. Kesehatan umum
Kunyit pada dasarnya mengandung anti oksidan yang bagus bagi tubuh. Bila mau, tambahkan kunyit dalam minuman Anda, seperti wedang tradisional, jus atau dalam makanan. Cara ini bisa membantu membersihkan tubuh Anda.

Jangan konsumsi kunyit bila Anda memiliki masalah dengan batu empedu atau obstruksi empedu dan ibu hamil, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Minum kunyit ketika diperlukan saja dan jangan berlebihan, meski alami kunyit bisa menyebabkan gangguan hati dan ginjal bila berlebihan digunakan.