Manfaat Kumis Kucing Untuk Kesehatan Tubuh

Dokter Sehat – Kumis kucing adalah tumbuhan semak yang banyak ditemukan di Asia tenggara, terutama negara-negara beriklim tropis. Bagian dari tanaman kumis kucing yang paling bermanfaat adalah daunnya, daun kumis kucing mengandung kadar kalium yang tinggi, glikosida orthosiponin yang bagus untuk menurunkan kadar asam urat, fosfat, dan oksalat dari dalam tubuh. Kumis kucing juga sudah terbukti khasiatnya untuk penyembuhan infeksi kandung kemih, membersihkan empedu dan ginjal, menyembuhkan rematik, menjaga tekanan darah, diabetes dan asam urat.

19

Berikut ini cirri-ciri tanaman kumis kucing :

  1. Akar tanaman berakar tunggang dengan bentuk bulat, berkayu dan bercabang-cabang, bagian ujungnya kecil, panjang akar bisa mencapai 25 cm dan berwarna putih.
  2. Batang membentuk persegi empat agak teratur, warna hijau keunguan, memiliki diameter sektar 1.5 cm, tumbuh bercabang, pada bagian ruas-ruas batang bagian bawah keluar akar.
  3. Daun berwarna hijau dengan bentuk bulat telur, lonjong dengan panjang kurang dari 10 cm dan lebar antara 3-5 cm. Tangkai daun bulat dengan warna ungu hijau, daun umumnya tumbuh berhadapan dan selang-seling, tulang daun bercabang-cabang.
  4. Bunga kumis kucing terbagi menjadi dua yaitu bunga tunggal dan bunga majemuk, bunga tunggal, bagian atas ditutupi rambut pendek berwarna putih keunguan, setiap ujung heli bunga berbentuk bundar dan tumpul, bagian benang sari pada bunga keluar nampak seperti kumis kucing. Sedangkan bunga majemuk muncul dari bagian ujung percabangan dengan panjang sekitar 7-29 cm, berwarna putih. Bagian ini ditutupi oleh rambut dengan panjang sekitar 1-6 mm, kelopak bunga berurat, bagian pangkalnya memiliki rambut pendek dan jarang, bagian atasnya gundul.
  5. Biji kumis kucing berwana putih kehitaman ketika masih muda dan berubah menjadi coklat kehitaman apabila sudah tua. Biji berbentuk bulat lonjong dengan ukuran kurang lebih 1 mm