Konsumsi Tauge saat Hamil, Adakah Manfaatnya?

Doktersehat - Tauge
Photo Credit: Flickr.com/Belanga Indonesia

DokterSehat.Com– Tauge adalah salah satu jenis sayur yang cukup banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Terdapat banyak kandungan gizi di dalamnya, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah risiko kesehatan yang bisa terjadi.

Di kawasan Asia, termasuk Indonesia, tauge dibuat dari kacang hijau. Meski ada pula tauge yang terbuat dari kacang kedelai. Umumnya, proses kacang menjadi tauge diperlukan waktu sekitar satu minggu.

Tauge yang dijual dipasaran, memiliki kemungkinan mengandung bakteri Salmonella. Infeksi yang disebabkannya dapat menimbulkan gejala sakit perut, diare, sakit kepala, pusing, muntah, dan demam. Selain itu, ada pula risiko tauge terkena bakteri Eschericia coli yang juga dapat menyebabkan infeksi.

Kemungkinan hal itu disebabkan pemilihan biji yang kurang higienis, sanitasi yang kurang baik, ataupun terkontaminasi saat proses tumbuh. Selain itu, kondisi hangat dan lembap selama proses perubahan kacang menjadi tauge juga dapat membantu bakteri tetap hidup.

Meski berisiko, kandungan yang terdapat di dalam tauge juga memiliki manfaat untuk kesehatan khususnya untuk ibu hamil, di antaranya:

  1. Mencegah keguguran

Tauge merupakan salah sayuran yang dipercaya bisa mencegah keguguran saat hamil. Hal ini disebabkan karena tauge mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat mengganggu stabilitas tubuh ibu hamil.

  1. Mengatur kadar gula

Sekitar 4 % dari ibu hamil mengalami diabetes, untuk mengatasi hal ini Anda bisa menjadikan tauge sebagai sayuran alternatif guna mengatur kadar gula di dalam darah. Tauge mengandung kalori yang rendah, dengan kalori yang rendah maka hal itu dapat mengatur berat badan ibu hamil.

Selain itu, tauge juga mengandung lesitin yang dapat membantu menjaga hati Anda agar terhindar dari penumpukan lemak sehingga mengganggu kerja hati dan terhindar dari penyakit liver.

  1. Menghindari cacat mental

Tauge mengandung asam folat yang baik untuk proses pembentukan DNA pada janin sehingga mencegah anak terlahir dengan cacat mental. Selain itu, karena tauge berasal dari biji-bijian, di mana hal ini adalah asupan yang baik untuk mencegah bayi terlahir cacat fisik.

  1. Membantu pembentukan tulang dan janin

Manfaat kalsium bagi ibu hamil sangat penting karena berguna untuk membantu penyempurnaan pembentukan tulang dan otot. Tauge mengandung asam amino yang membantu memenuhi kebutuhan untuk proses pembentukan tulang, memperbarui jaringan atau sel pada otot.

Selain itu, protein yang terkandung pada tauge juga bermanfaat agar ibu hamil tidak kekurangan kalsium. Tak hanya bermanfaat pada janin untuk pembentukan tulang pada janin, kandungan estrogen alami yang terdapat pada tauge juga berfungsi sebagai pencegah osteoporosis pada ibu hamil.

Seperti diketahui, karena wanita mengalami menstruasi setiap bulannya, hal tersebut menyebabkan tubuhnya banyak kehilangan kalsium. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan mengonsumsi tauge untuk menambah cadangan kalsium pada tubuh.

  1. Mencegah anemia

Tauge mengandung asam folat yang baik untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah terjadinya anemia. Kekurangan sel darah merah pada ibu hamil berakibat berkurangnya produksi oksigen pada tubuh karena sel darah merah berfungsi sebagai pengangkut oksigen. Melemahnya daya pikir anak, salah satu akibat yang ditimbulkan dari kekurangan oksigen saat hamil

  1. Mencegah munculnya kanker

Menurut sebuah penelitian, tauge dapat membunuh bibit kanker leukemia, usus besar dan pankreas karena mengandung canavanine. Canavanine merupakan salah satu zat yang dibutuhkn untuk menyusun asam amino arginin.

Selain itu, serat yang terdapat pada tauge juga berguna untuk membersihkan racun yang terdapat pada tubuh.

Perlu diketahui walaupun tauge memiliki banyak manfaat, Anda juga harus mengetahui efek yang ditimbulkan ketika berlebihan mengonsumsinya. Bagi seseorang yang alergi terhadap kecambah sebaiknya Anda tidak mengonsumsi kecambah karena dapat mempermudah virus lainnya menyerang tubuh, selain itu kecambah alfalfa mengandung racun L-cavanine yang dapat mengakibatkan pembesaran pada limfa karena mengurangi sel-sel darah pada tubuh.

Selain itu, hindari konsumsi tauge mentah. Masaklah tauge hingga benar-benar matang yang ditandai dengan air mendidih. Penting diperhatikan, tauge mentah sama sekali tidak boleh dikonsumsi anak-anak, wanita hamil, lanjut usia, dan orang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah.