Manfaat Kolagen bagi Kesehatan Tubuh

DokterSehat.Com – Jika kita mendengar kata kolagen, maka kita tentu akan teringat dengan beragam produk kecantikan yang menawarkan perawatan maksimal bagi kulit. Dalam realitanya, kolagen memiliki fungsi yang jauh lebih besar dari memberikan tampilan tubuh yang maksimal. Kolagen sendiri secara harafiah bisa disebut sebagai semacam protein yang memiliki pengaruh besar bagi tulang, gigi, persendian, otot, dan tentu saja kulit. Tahukah anda, di dalam tubuh sendiri terdapat setidaknya 27 jenis kolagen yang memiliki peran masing-masing. Berikut adalah beberapa manfaat dari kolagen yang ada di dalam tubuh kita.

doktersehat-tips-sebelum-pergi-ke-daerah-wabah-penyakit

Secara umum, dunia medis membagi kolagen menjadi kolagen alami dan kolagen sintetis. Kolagen alami bisa kita dapatkan dari konsumsi makanan sehat sehari-hari layaknya ikan, sayuran, dan buah-buahan. Sementara itu, kolagen sintetis banyak ditemukan dalam obat-obatan. Satu hal yang pasti, jumlah kolagen akan cenderung semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia sehingga kita tentu harus mendapatkan asupan kolagen yang cukup setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit, persendian, tulang, dan lain sebagainya.

Kolagen sendiri memiliki peran besar dalam menjaga lancarnya peredaran darah dan kesehatan mata kiat. Dinding pembuluh darah arteri dan pembuluh darah kapiler akan lebih kuat dengan adanya kolagen sehingga resiko pecahnya pembuluh darah bisa diminimalisir. Kolagen juga memiliki peran besar dalam menjaga cakram optik yang mempengaruhi normalnya penglihatan. Bagi otot-otot tubuh sendiri, kolagen bisa berperan besar dalam menjaga serat otot rangka dan otot polos yang berpengaruh besar pada kekuatan otot. Bayangkan jika otot tidak memiliki kekuatan, kita tentu akan kesulitan melakukan beragam aktivitas harian, bukan?

Pakar kesehatan menyebutkan jika kolagen memiliki peran besar dalam membentuk tulang dan gigi yang semakin kuat. Selain itu, regenerasi dari sel tulang dan gigi juga akan semakin baik jika kita banyak mengkonsumsi makanan kaya kolagen dan meminum kopi (salah satu sumber kolagen lainnya) setidaknya dua cangkir dalam sehari. Kolagen juga berpengaruh besar dalam menjaga kesehatan rambut dan juga kuku-kuku pada tubuh kita.