Manfaat kesehatan teh hitam yang jarang diketahui

DokterSehat.Com – Siapa yang tidak kenal dengan teh, salah satu tanaman yang bisa dibuat untuk menjadi minuman. Teh berasal dari daun pucuk teh, biasanya pohon teh sendiri tumbuh di daerah pegunungan berhawa dingin. Sejak dulu teh memang terkenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Bila dibandingkan dengan jenis minuman lain, teh ternyata lebih banyak manfaatnya.



Teh hitam memang kurang populer apabila dibandingkan dengan teh hijau atau teh melati, teh hitam terbuat dari tanaman teh bernama camellia dan sangat tinggi akan kandungan polifenol.

Berikut adalah 4 manfaat teh hitam yang selama ini jarang Anda ketahui :

  • Teh hitam mengurangi resiko stroke
    Sebuah penelitian menyebutkan bahwa teh hitam dapat membantu mencegah stroke. Penelitian lagi juga menyebutkan bahwa teh hitam membantu mengurangi resiko penyakit jantung koroner sebesar 50%.
  • Melindungi sistem kekebalan tubuh
    Teh hitam mengandung zat antioksidan yang tinggi oleh karena itu teh hitam dapat menghilangkan berbagai virus dari dalam tubuh. Teh hitam juga dapat menghindarkan Anda dari penyakit seperti diare, pneumonia, dan infeksi kulit. Selain itu apabila teh hitam diaplikasikan di wajah makan akan mengurangi keriput dan juga mata bengkak.
  • Melawan kanker
    Sebuah senyawa penting di dalam teh hitam yaitu yang bernama TF-2 mampu menghambat perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh.
  • Membantu menurunkan berat badan
    Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang mengungkapkan bahwa mengonsumsi teh hitam secara teratur akan membantu Anda dalam mengurangi berat badan. Hal ini karena teh hitam mampu memperlancar sistem metabolisme di dalam tubuh.

Jadi selain mengonsumsi teh hijau, tidak ada salahnya apabila Anda mencoba untuk mengonsumsi teh hitam. Teh hitam kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh