Manfaat Kesehatan Dari Memijat Kaki

DokterSehat.Com – Kaki adalah salah satu bagian tubuh yang paling banyak beraktifitas seharian. Selain berjalan kaki, kaki juga berpengaruh besar dalam berdiri, menjaga keseimbangan, dan berbagai kegiatan lain setiap hari. Hal ini berarti, kaki kita pun beresiko mengalami masalah mudah lelah atau pegal-pegal. Untuk mengatasinya, kita biasanya memberikan pijatan pada kaki kita. Tak hanya menghilangkan pegal-pegal, pijatan pada kaki sebelum tidur ternyata bisa memberikan efek positif bagi kesehatan seperti sebagai berikut.

doktersehat-sakit-kaki-keseleo-mata-kaki

Pakar kesehatan menyebutkan jika memberikan pijatan pada kaki sebelum tidur akan membuat kaki kita akan cenderung lebih rileks setelah beraktifitas seharian. Hal ini bahkan bisa berimbas pada semakin rileksnya tubuh secara keseluruhan sehingga kita pun akan cenderung lebih mudah untuk tertidur. Hal ini dikarenakan pijatan pada kaki akan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Selain itu, pijatan pada kaki ternyata secara efektif akan mengatasi stress dan kegelisahan berlebihan sehingga tidur pun akan jauh lebih rileks dan berkualitas.

Pijatan pada kaki sebelum tidur ternyata juga bisa mengatasi beberapa hal lain. Sebagai contoh, jika kita memiliki masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi, maka pijatan pada kaki, meskipun pijatan tersebut termasuk ringan, akan cukup efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, masalah nyeri punggung akibat aktifitas fisik seharian yang sangat sibuk juga bisa diatasi dengan pijatan ini.

Selain pijatan pada kaki, kita juga bisa memberikan efek lebih rileks pada kaki kita jika sebelum tidur kita bisa merendam kaki dengan air hangat selama 10 hingga 20 menit. Rendaman kaki pada air hangat ini ditengarai akan membuat kaki menjadi lebih rileks dan masalah pegal-pegal pun bisa semakin mereda sehingga kita akan lebih cepat terlelap dan mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.