Inilah 8 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

doktersehat-kacang-hijau

DokterSehat.Com– Kacang hijau adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil karena kandungannya akan folat, thiamin, dan zat besi. Ketiga vitamin dan mineral ini adalah zat yang sangat dibutuhkan wanita selama masa kehamilan.

Mengonsumsi makanan sehat tiap hari adalah sebuah kewajiban bagi ibu hamil. Oleh karena itu, kacang hijau dapat Anda jadikan makanan wajib untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Anda sehari-hari. Saat nutrisi ibu terpenuhi maka hal itu akan membantu perkembangan dan pertumbuhan janin.

Berikut ini adalah manfaat dari kacang hijau yang bisa didapatkan oleh ibu hamil, di antaranya:

  1. Menjaga kesehatan otak janin

Asam folat yang terkandung di kacang hijau berperan dalam produksi sel darah merah dan membantu tabung saraf janin berkembang menjadi otak dan sumsum tulang belakang. Mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mcg per hari sebelum dan selama masa kehamilan akan membantu mencegah bayi terlahir dengan kelainan pada otak dan sumsum tulang belakang.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Jika jantung mampu memompa darah dengan baik ke seluruh tubuh, hal itu memungkinkan asupan gizi ibu hamil bisa terdistribusikan dengan baik untuk janin. Kacang hijau mengandung kadar lemak yang cukup rendah dan kandungan lemak tak jenuhnya yang baik untuk kesehatan jantung.

Selain itu, dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 347 kilokalori dan 1,15 gram lemak. Dengan kandungan lemak yang tergolong rendah, konsumsi kacang hijau secara teratur dapat membantu penderita kolesterol untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami.

  1. Mencegah anemia

Anemia dalam kehamilan sangat berbahaya karena berisiko menyebabkan keguguran atau perdarahan saat persalinan. Anemia memang banyak jenisnya namun salah satu penyebab terjadinya anemia selama kehamilan adalah kekurangan kekurangan asam folat dan kekurang vitamin B12. Selain itu, demi mencegah terjadinya anemia tubuh juga membutuhkan zat besi yang membantu dalam proses pembentukan hemoglobin darah.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Dalam setiap 100 gram kacang hijau terdapat 1,4 mg zat besi. Selain zat besi, kacang hijau juga mengandung kalsium di mana kedua zat itu merupakan komponen penting bagi perkembangan tulang janin. Sedangkan untuk ibu hamil, zat besi dan kalsium juga membantu mencegah gangguan tulang seperti osteoporosis.

  1. Melancarkan metabolisme

Kandungan serat yang terdapat di dalam kacang hijau dipercaya dapat mengatasi kesulitan buang air besar yang sering dialami oleh ibu hamil. Apabila ibu hamil kekurangan serat, hal itu bisa menganggu proses penyerapan nutrisi bagi ibu dan janin.

  1. Menjaga kesehatan saraf

Dalam 100 gram kacang hijau terdapat 0.164 mg thiamin. Thiamin atau biasa dikenal dengan vitamin B1 mampu mengubah karbohidrat menjadi energi. Selain itu, thiamin juga berperan melancarkan fungsi otot, sistem saraf, dan jantung agar dapat bekerja secara normal. Oleh karena itu, ketika sedang hamil dan menyusui, penuhi kebutuhan Anda akan thiamin minimal 1,4 mg per hari.

  1. Mempercepat penyembuhan luka

Selama proses persalinan kemungkinan untuk terjadinya kerusakan pada sel terutama di daerah jalan lahir sangat mungkin terjadi. Agar proses penyembuhan luka berjalan cepat maka tubuh membutuhkan protein.

Dibandingkan dengan telur maupun daging, kandungan protein dalam kacang hijau terbilang sangat tinggi, terutama adalah protein kompleks. Protein juga penting dikonsumsi untuk pertumbuhan janin sehingga sangat baik dikonsumsi terutama masa awal kehamilan.

  1. Meningkatkan energi

Kandungan karbohidrat komplek yang terdapat di dalam kacang hijau mampu memberikan energi yang stabil selama proses kehamilan. Energi ini akan membantu memberikan tenaga bagi ibu hamil untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Nah, itulah beberapa manfaat penting dari kacang hijau yang bisa diperoleh ibu hamil. Oleh karena itu, mulailah untuk memasukan kacang hijau ke dalam menu makanan Anda sehari-hari.