Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Dokter Sehat – Kacang hijau menjadi salah satu bahan masakan Indonesia yang telah di kenal sejak jaman dahulu, kacang hijau biasanya di masak menjadi bubur yang di sebut dengan bubur kacang hijau. Salah satu masakan Indonesia yang berupa bubur ini, ternyata memiliki kandungan protein yang begitu tinggi. Kacang hijau juga kerap di gunakan sebagai obat atau makanan yang memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

5

Manfaat-manfaat kacang hijau bagi kesehatan tubuh :

1. Menurunkan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah
Mengkonsumsi kacang hijau diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, kacang hijau mengandung serat makanan yang tinggi dan bermanfaat untuk menjaga fungsi usus, memperlancar proses pencernaan, dan menurunkan tekanan darah.

2. Kanker payudara
Kacang hijau memiliki kandungan zat yang dapat memperlambat replika sel kanker, termasuk sel kanker yang menyerang payudara. Zat tersebut diketahui dapat mencegah formasi sel tumor.

3. Diabetes
Kacang hijau mempunyai kadar indeks glikemik yang rendah, kacang hijau adalah makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. kacang hijau juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

4. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Kacang hijau memiliki kandungan protein sebesar 3,16 gram per cangkir, kandungan proteinnya yang cukup tinggi ini membuat kacang hijau menjadi salah satu makanan alternatif bagi Anda yang tidak suka mengkonsumsi daging. Selain itu, kandungan lemak dan kolesterol jahat pada kacang hijau jauh lebih rendah daripada daging. Protein sangat penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan menunjang keberadaan setiap sel tubuh, kekurangan protein bisa menyebabkan kerontokan rambut, penyakit kwashiorkor dan busung lapar.

5. Membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut
Kandungan protein dan zat seng dalam kacang hijau dapat membantu menjaga kesehatan kuku dan rambut. Selain itu, kacang hijau juga dapat membantu meremajakan kulit berkat kandungan phytoestrogen yang membantu memproduksi kolagen dan menjaga kulit tetap elastis, lembut, serta mencegah penuaan dini.