Manfaat Jus mentimun untuk Kecantikan Kulit

doktersehat-timun-untuk-mata-panda

DokterSehat.Com– Mungkin Anda sering makan mentimun, baik dijadikan sebagai lalapan teman makan nasi ataupun hanya dijadikan sebagai cemilan. Namun, bagaimana dengan jus mentimun? Apakah Anda pernah meminumnya? Mentimun memiliki kandungan air yang cukup banyak, sehingga jika dikonsumsi dengan cara di jus akan memberikan sensasi rasa segar yang khas.

Jus mentimun tidak hanya memiliki rasa segar yang khas, melainkan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, terutama untuk kulit. Anda bisa menggunakan jus ini sebagai perawatan alami kulit di rumah. Berikut adalah beberapa manfaat dari jus mentimun dan bagaimana cara membuatnya.

1. Mencerahkan Kulit

Setiap wanita pasti ingin memiliki kulit yang cerah dan bercahaya. Mereka akan melakukan berbagai macam cara agar kulit mereka tidak terlihat kusam. Sebab, jika kulit kusam, maka akan mengurangi kecantikan. Jika Anda ingin memiliki kulit cerah, Anda bisa menggunakan jus mentimun. Jus mentimun sudah terbukti dapat mencerahkan dan menyegarkan kulit karena mengandung antioksidan. Caranya, Anda bisa mencampurkan mentimun dan kentangyang sudah dihaluskan menjadi jus. Kemudian, oleskan pada kulit menggunakan kapas dan biarkan kering. Lalu, bilas hingga bersih.

2. Atasi Jerawat

Anda tentu setuju jika jerawat merupakan masalah yang kerap timbul pada hampir setiap orang, khususnya bagi mereka yang sedang dalam masa pubertas. Salah satu faktor umum penyebab jerawat adalah kurangnya menjaga kebersihan. Untuk mengatasi jerawat, biasanya Anda menggunakan produk antijerawat. Akan tetapi, jika Anda ingin mengatasi jerawat dengan cara alami, Anda bisa menggunakan jus mentimun karena dipercaya bisa menyembuhkan jerawat.

Hal ini dikarenakan mentimun memiliki efek menenangkan, membantu mengurangi inflamasi dan kemerahan pada wajah. Cara cukup mudah, yakni pertama-tama bersihkan wajah dan tangan. Campurkan jus timun dengan 3-4 tetes perasan lemon dan 1 sendok teh madu. Lalu, aplikasikan menggunakan kapas ke seluruh wajah secara perlahan. Keringkan, kemudian bilas dengan air bersih.

3. Toner untuk Kulit

Toner berfungsi untuk menyegarkan kulit. Jika selama ini Anda menggunakan toner dari produk kecantikan yang bisa di jual di pasaran, maka sebaiknya mulai sekarang And amenggunakan toner dari bahan alami, yakni mentimun. Jus mentimun bisa digunakan sebagai toner karena dapat membersihkan, melembapkan, melawan jerawat, dan mencerahkan kulit. Caranya, campurkan sedikit rose water pada jus mentimun. Oleskan toner pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya menggunakan kapas. Diamkan salama beberapa menit.