Sering Disepelekan, Inilah Manfaat Jinjit yang Perlu Anda Ketahui

manfaat-jinjit-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Dalam melakukan olahraga, kebanyakan orang hanya melakukan gerakan-gerakan yang mengandalkan otot tertentu, misalnya tangan, kaki, perut, dan leher. Padahal, dalam melakukan olahraga, setiap anggota tubuh harus dilatih juga untuk manfaat yang maksimal.

Ada satu anggota tubuh yang jarang atau bahkan sangat disepelekan dalam olahraga, yakni jari kaki. Sebenarnya jari kaki bisa dimanfaatkan untuk olahraga juga, misalnya gerakan jinjit. Gerakan yang mudah serta tak memerlukan banyak tenaga ini sering diremehkan dan dilupakan oleh kebanyakan orang. Padahal, ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari jinjit. Apa saja manfaat tersebut? Berikut diantaranya:

1. Mengecilkan Betis

Bagi Anda yang memiliki betis besar dan ingin mengecilkannya, maka Anda harus memanfaatkan jari kaki untuk jinjit. Sebab, saat sedang jinjit, jaringan otot pada betis akan lebih terlatih sehingga merasakan kontraksi sejekan. Jika ingin hasil yang maksimal, lakukanlah jinjit sambil jalan secara rutin setiap hari.

2. Mengecilkan Paha

Paha adalah salah satu bagian tubuh yang sangat sulit untuk dibentuk. Bahkan, banyak orang yang telah melakukan berbagai cara untuk mengecilkan paha, namun hasilnya nihil. Jika Anda ingin mengecilkan paha secara efektif, maka Anda bisa melakukan olahraga jinjit setiap hari minimal 10 menit. Biasanya, saat melakukan jinjit, otot paha akan terasa sakit. Maka Anda harus menahannya beberapa saat, sebab otot pada paha sedang bekerja dalam mengencangkan jaringan yang kendur.

3. Mengencangkan Bokong

Bokong yang kencang adalah impian bagi setiap wanita. Untuk mendapatkan bentuk bokong yang kencang, biasanya para wanita menggunakan sepatu hak tinggi. Mulai sekarang Anda tak membutuhkannya lagi, sebab dengan berjinjit setiap hari bisa membuat bokong Anda menjadi kencang. Sebenarnya, konsep dari berjinjit dan menggunakan hak tinggi adalah sama. Sama-sama meninggikan betis agar bokong menjadi lebih terangkat.