Manfaat Diet Beras Hitam Berdasarkan Kandungan Nutrisinya

DokterSehat.Com – mempunyai tubuh ideal adalah dambaan setiap wanita. nyaman beraktifitas, nyaman berbusana dan tidak anti dengan berbagai model baju. sehingga sering kali banyak wanita mengunakan berbagai cara untuk menjaga tubuh nya agar senantiasa langsing dan mempesona. salah satu cara adalah berdiet.



Salah satu upaya diet yang bisa dilakukan adalah diet beras hitam, yakni proses konsumsi beras dengan jenis yang berbeda, dari yang biasanya memasak nasi dari beras putih, kali ini yang digunakan adalah beras hitam.

Upaya diet ini dilakukan dengan alasan yang memang mendukung kesehatan kita, karena ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari beras hitam.

Berikut adalah manfaat dan nutrisi yang terdapat pada beras hitam :

  • Memiliki kandungan serat yang tinggi
    Serat adalah salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh, khususnya untuk melancarkan sistem pencernaan. Apabila nutrisi serat bisa didapatkan dengan cukup, maka kita tidak akan mengalami masalah seperti susah BAB dan lain sebagainya. Inilah manfaat pertama yang bisa didapatkan dengan melakukan diet beras hitam, yaitu bisa mencukupi kebutuhan serat yang diperlukan.
  • Membuat perut lebih cepat kenyang
    Kandungan karbohidratnya yang kompleks menjadi kelebihan dari beras hitam, dimana jenis karbohidrat ini memiliki proses cerna yang lebih lama dibandingkan dengan nasi dari beras biasa. Hal ini membuat perut lebih lama merasa kenyang, dan baru dimasukkan dalam jumlah yang sedikit pun, perut akan lebih cepat kenyang. Itulah sebabnya diet beras hitam sangat cocok untuk orang yang ingin menjaga atau menurunkan berat badan.
  • Memiliki kandungan zat besi yang tinggi
    Zat yang umum disebut mangan ini adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh yang bisa didapatkan dari makanan. Namun tidak setiap makanan memiliki kandungan mangan yang tinggi, bahkan sebagian ada yang tidak memilikinya sama sekali. Agar kebutuhan tubuh terhadap zat besi bisa didapatkan dengan maksimal, maka beras hitam adalah pilihan makanan yang tepat. Mangan atau zat besi ini sangat berperan penting dalam menjaga tubuh dari serangan radikal bebas.
  • Kandungan zinc-nya sangat kaya
    Salah satu mineral yang bisa membantu penyembuhan luka lebih cepat adalah zinc. Dengan melakukan diet beras hitam, maka kebutuhan tubuh akan zinc bisa terpenuhi.
Baca Juga:  Awas, Hand Sanitizer Bisa Menyebabkan Kulit Semakin Menipis

Demikianlah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan apabila menjalankan diet beras hitam.