Manfaat di Balik Ubi Jalar

DokterSehat.Com – Indonesia terkenal dengan keragaman hayatinya. Tumbuh-tumbuhan yang melimpah dan tumbuh subur membuat Indonesia terkenal dengan tanaman alam yang berkhasita. Tidak terkecuali ubi jalar atau yang biasa disebut dengan ketela rambat. Makanan yang berwarna ungu ini merupakan salah satu makanan yang sering ditemui pada daerah pedesaan sebagai pengganti nasi. Ubi jalar memiliki banyak manfaat vitamin yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh seperti, vitamin A, vitamin B1, B2 dan juga vitamin C. Selain itu, ubi jalar kaya akan senyawa serta mineral di antaranya adalah magnesium, lysin, zinc, potassium, copper, kalsium, zat besi, phosfor dan juga karbohidrat. Tidak hanya sebagai pewarna alami ternyata khasiat lain yang terdapat pada ubi jalar adalah sebagai berikut.

doktersehat-ubi

1.      Menstabilkan kadar gula darah

Bagi penderita diabetes, makanan pokok berupa nasi saat ini harus segera ditinggalkan karena mengandung kadar gula yang tinggi. Pilihan lain yang dapat dimakan adalah ubi jalar. Ubi jalar dapat menstabilkan kadar gula darah lewat kerja merangsang produksi insulin. Namun perlu hati-hati, konsumsi ubi jalar harus dimakan dalam batas tertentu karena apabila dikonsumsi secara berlebihan juga dapat menyebabkan keracunan.

2.      Menjaga menstabilkan tekanan darah

Manfaat ubi jalar lainnya adalah menjaga menstabilkan tekanan darah. Kandungan kalium pada ubi jalar ungu berperan penting dalam mengontrol tekanan darah, detak jantung dan juga mengontrol otot dan saraf dalam tubuh. Selain ubi jalar ungu sumber kalium terbaik dapat Anda dapatkan dari pisang, jeruk dan lainnya.

3.      Menurunkan Kolesterol

Kandungan serat larut dalam ubi jalar ungu dapat membantu menurunkan kolesterol jahat yaitu LDL sehingga ini akan mengurangi resiko Anda terserang penyakit jantung dan juga stroke. Tak hanya itu saja, mengonsumsi ubi ungu secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan karbohidrat komplek pada ubi jalar ungu dapat membuat perut kenyang tahan lama. Sehingga ini akan menghindarkan aktivitas makan yang berulang yang dapat meningkatkan berat badan.

Baca Juga:  Inilah Waktu yang Tepat Mengkonsumsi Obat

4.      Menyehatkan mata

Ubi jalar ungu mengandung vitamin A yang tinggi serta ditunjang adanya beta karoten, sehingga ubi jalar sangat efektif untuk menjaga kesehatan mata dari berbagai macam penyakit mata. Selain ubi jalar ungu, beta karoten juga dapat Anda dapatkan pada buah-buahan yang berwarna ungu, hijau, orange dan kuning serta sayuran hijau lainnya.