Manfaat Daun Parsley Yang Harus Anda Ketahui

DokterSehat.Com – Tahukah anda manfaat daun parsley? Sebelum kita membahas tentang manfaatnya marikita mengenalnya terlebih dahulu. Nama ilmiah tanaman ini adalah Petroselinum crispum, yang mana masuk dalam keluarga wortel. Tanaman yang berbau harum ini dapat memuliki tinggi sampai satu meter. Penyebaran tamanan ini juga sangatlah luas, diantaranya adalah dataran Eropa, asia dan afrika. Tumbuhan ini biasanya tumbuh di sela-sela diding yang berhawa dingin atau disela-sela karang-karang. Daun parsley memiliki kandungan yang sangat bermanfaat seperti lisin, asam folat, firocoumarin, xanthotoxin, asam amino, ascorbat (vitamin C), beta-phelandrene, apiola, nikotin, alpha-pinene, bergapten, dan myrcene. Selain itu, tanaman parsley juga banyak mengandung zat-zat penting yang di butuhkan oleh tubuh seperti kalsium, besi, potasium, seng, fosfor dan lain-lainnya.

6

berikut ini merupakan beberapa manfaat dari parsley yang perlu Anda ketahui :

  • Kaya akan nutrisi
    Banyak sekali nutrisi yang terkandung dalam parsley. Di antaranya Vitamin A, Vitamin B12, Vitamin C, dan Vitamin K. Kandungan vitamin tersebut sangat penting bagi tubuh untuk meningkatkan daya tubuh Anda. Selain itu, kandungan nutrisi dalam parsley membantu menguatkan tulang dan memperbaiki sistem saraf Anda.
  • Jantung sehat
    Selain kaya akan kandungan nutrisi, mengonsumsi parsley dapat menurunkan tekanan darah Anda. Parsley mengandung asam folat yang bermanfaat untuk melindungi pembuluh darah Anda serta mengatasi masalah yang berhubungan dengan cardiovascular. Secara tidak langsung, parsley juga menjaga kesehatan jantung Anda.
  • Anti-carcinogenic
    Kandungan asam folat dalam parsley juga memiliki khasiat untuk mencegah kanker. Terlebih lagi, hasil penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi parsley dapat mengurangi risiko kanker serviks dan kanker kolon. Saat ini, sudah tersedia parsley dalam bentuk essential oil yang bisa Anda temukan dengan mudah.
  • Pencernaan sehat
    Kurang asupan sayur dan buah dapat mengganggu sistem pencernaan Anda. Oleh karena itu, Anda bisa menambahkan parsley yang membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah beberapa gastrointestinal problems. Caranya cukup mudah, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau dalam bentuk teh parsley.
  • Ginjal sehat
    Mengonsumsi parsley juga memberikan manfaat untuk kesehatan ginjal Anda. Parsley membantu meningkatkan kinerja ginjal Anda. Selain itu, parsley juga membantu mencegah masalah infeksi sistem urinari. Namun, bagi Anda yang menderita batu ginjal, sebaiknya menghindari parsley.