Manfaat Daun Neem, Obat Herbal dari India

DokterSehat.Com– Mungkin banyak dari Anda yang maish belum mengetahui mengenai tanaman satu ini. Bicara soal Neem, tanaman ini merupakan tanaman asli India dan sudah sejak lama digunakan sebagai salah satu bahan obat herbal. Tidak hanya itu saja, daun neem rupanya juga kerap digunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan dari kulit dan rambut. Hal ini rupaya disebabkan oleh kandungan bahan aktif yang ada di dalam daun Neem yang ampuh mengatasi sejumlah masalah berikut.

doktersehat-wanita-cantik-muka-wajah-make-up-cuci-sunblock

1. Kulit Berjerawat

Mungkin banyak dari Anda yang masih penasaran dengan obat jerawat yang ampuh. Siapa yang akan menyangka jika tanaman asal India ini juga dapat dijadikan obat herbal mengatasi jerawat. Dilansir dari laman Organic Facts, daun Neem mengandung bahan antibakteri yang ampuh membasmi dan mencegah bakteri penyebab jerawat kembali.

2. Rambut Berketombe

Tidak hanya jerawat, daun Neem rupanya juga kerap digunakan untuk merawat kesehatan kulit kepala dan rambut. Hal ini lantaran daun Neem mengandung bahan antijamur dan antibakteri. Selain itu, menggunakan daun Neem ernyata dapat menjaga kesehatan dari folikel rambut karena mengandung antioksidan tinggi. Tentu saja kondisi demikian dapat menghindarkan Anda, terutama para pria dari risiko kebotakan.

3. Meluruhkan Sel Kulit Mati

Kulit yang kusam biasanya disebabkan lantaran menumpuknya sel kulit mati. Jika dibiarkan terus-menerus, kondisi satu ini juga dapat memicu terjadinya breakout. Apalagi, sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori kulit. Mengaplikasikan masker yang terbuat dari daun Neem ternyata ampuh dalam meluruhkan sel kulit mati. TIdak hanya itu saja, masker dari daun Neem juga dapat mengecilkan ukuran pori-pori serta meredakan peradangan pada kulit.

Tidak heran jika masyarakat India masih setia menggunakan daun Neem sebagai salah satu bahan untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit. Saat ini, daun Neem juga sudah diolah dalam bentuk kapsul mau pun minyak yang memudahkan Anda dalam mengonsumsinya. Jadi, aapakah Anda tertarik untuk mencobanya?