Manfaat Daun Mint Bagi Kesehatan

Doktersehat.com – Daun Daun mint atau dikenal dengan nama ilmiah Mentha piperita adalah sebuah tanaman herbal yang sangat terkenal di seluruh dunia, apalagi semenjak banyak digunakan untuk berbagai produk seperti penyegar napas, permen karet, pasta gigi, obat kumur dan minyak angin. Namun, hanya sedikit orang yang menyadari bahwa daun mint juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Berikut ini manfaat kesehatan dari daun daun mint:



1. Mual dan gangguan pencernaan

Daun mint dalam bentuk kapsul atau yang dibuat sebagai teh bisa meringankan mual dan gangguan pencernaan. Daun mint berpotensi memperlancar sistem pencernaan dan meringankan kejang perut. Daun mint memiliki efek anastesi ringan sehingga mampu menghilangkan rasa sakit pada perut.

Sebuah penelitian di tahun 1997 yang diterbitkan dalam Journal of Advanced Nursing menunjukkan efek daun mint sebagai obat anti mual pasca-operasi.

Daun mint bisa digunakan sebagai pereda mual dan kram menstruasi dengan merelaksasi otot polos pada rongga perut.

2. Nyeri otot

Efek anestesi daun mint tidak terbatas pada sistem pencernaan. Daun mint juga dapat digunakan dalam minyak pijat, mint mampu meredakan nyeri otot dan rasa sakit.

Pastikan untuk mengencerkan minyak daun mint terlebih dahulu sebelum menggunakannya pada kulit untuk menghindari iritasi.

3. Hidung tersumbat

Tanaman daun mint mengandung mentol, bahan yang umum digunakan dalam obat flu komersial. Aroma mentol bisa membantu membuka saluran pernapasan karena mengandung anti-inflamasi. Sifat antibakteri daun daun mint juga membantu mengobati infeksi akibat serangan bakteri.

Daun mint melonggarkan konstriksi bronkus pada penderita asma sehingga membantu memperlancar pernapasan. Untuk meredakan gangguan tersebut, daun mint dapat diterapkan secara topikal atau diminum sebagai teh.

Baca Juga:  Manfaat Sholat Trawih Bagi Kesehatan

4. Heartburn

Daun mint mampu meringankan gejala heartburn melalui sifat antispasmodic dan dengan meningkatkan aliran cairan pencernaan melalui sistem pencernaan. Namun, harus hati-hati karena dosis besar daun mint dapat memperburuk gejala sakit maag.

Minumlah tidak lebih dari tiga atau empat cangkir teh daun mint setiap hari. Jangan pernah menelan minyak daun mint murni.

5. Nafas tidak sedap

Rasa daun mint yang segar membuatnya ideal untuk meringankan bau napas tidak sedap. Teh daun mint yang terbuat dari daun daun mint segar atau kering efektif menyingkirkan bakteri penyebab bau mulut. Mint juga akan menjaga mulut tetap lembab dengan merangsang produksi air liur.

6. Pengendali stres

Aroma daun mint dapat meringankan gejala stres dengan menginduksi rasa tenang. Aktivitas antispasmodic dan sifat sedatif dapat meredakan ketegangan sekaligus meredakan nyeri otot ringan.

Minyak Mint adalah stimulan, oleh karena itu dapat berguna dalam mengobati depresi, stres dan sakit kepala. Anda bisa menggunakan sabun aroma mint saat mandi atau meneteskan minyak mint ke sarung bantal Anda sehingga Anda dapat menghirupnya.

7. Menyehatkan kulit

Daun mint juga baik untuk kesehatan kulit, sehingga sering digunakan untuk mengobati jerawat, gigitan serangga, dan luka bakar. Selain itu, daun mint juga digunakan sebagai bumbu dan item dekoratif yang digunakan dalam berbagai hidangan kuliner dan minuman.

8. Menurunkan berat badan

Daun mint dapat membantu Anda menurunkan berat badan, karena merangsang pencernaan lemak. Anda bisa mencincang daun mint dan menambahkannya pada telur dadar atau teh.

Dari berbagai sumber