informasi kesehatan


Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Doktersehat.com – Kemangi (Ocimum sanctum) memang bukan tanaman yang asing bagi kita, karena selain mudah dijumpai di halaman rumah, kebun atau ladang, kadang banyak juga ditemukan di pinggiran jalan.Sampai saat ini, mungkin kita hanya tahu bahwa kemangi hanya digunakan sebagai lalapan segar, ditambahkan pada masakan-masakan ikan, ayam atau digunakan pula sebagai obat tradisional

Kemangi dan tanaman sejenisnya yaitu selasih atau basil (Ocimum basilicum) memiliki sejarah yang menarik, tanaman jenis ini pernah menjadi tanaman kerajaan di Prancis dan Italia. Bunga dari tanaman ini dipilih untuk menyatakan cinta, sedangkan di India tanaman ini merupakan salah satu tanaman disucikan yang digunakan untuk upacara-upacara keagamaan.

Di negara Cina, tanaman ini digunakan sebagi obat infeksi, sakit perut, gigitan ular, serangga, obat deman dan sebagai obat kanker. Banyak negara lainnya yang juga memanfaatkan tanaman in sebagi obat tradisioal, seperti Yunani, Filipina, Tanzania, Meksiko, dan negara-negara Amerika dan Eropa.

Terlepas dari pembuktian secara ilmiah, kemangi dan selasih secara empiris telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai macam penyakit, baik di Indonesia ataupun negara-negara lain.

Kemangi kaya akan betakaroten dan magnesium, mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung. Aroma wangi daun kemangi memang mengundang selera makan. Wajar saja jika orangpun mengkonsumsi daun ini sebagai lalapan mentah, campuran pepes, karedok atau terancam. Selain melezatkan hidangan, daun kemangi mengandung senyawa arginine yang terbukti mampu memperkuat masa hidup sperma, mencegah kemandulan dan menurunkan gula darah. Kemangi juga mengandung zat yang mampu merangsang terbentuknya hormon androgen dan estrogen.

Daun kemangi yang biasanya dijadikan lalapan bersama sambel, daun kubis serta irisan mentimun ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Seringnya orang yang tidak tertarik membuat daun kemangi juga tidak disukai oleh beberapa orang karena alasan tertentu, seperti mereka tidak suka dengan baunya atau sekedar tidak suka saja.

Padahal daun kemangi memiliki manfaat yang baik untuk kita, sehingga jangan abaikan daun kemangi yang hanya sekedar menjadi lalapan tersebut. Yang pertama daun kemangi bermanfaat bagi orang yang mengalami masalah bau mulut atau bau badan, daun kemangi yang dikonsumsi secara langsung dan rutin bisi mencegah dan mengurangi bau mulut dan badan. Dan apa bila anda tidak suka dengan baunya anda juga bisa membaut air perasan daun kemangi yang dicampur dengan kunyit dan daun beluntas lalu meminumnya secara rutin setiap hari.

Bahkan John Henry M. dalam bukunya berjudul ”A Dictionary of Practical Material Medical” mengatakan bahawa khasiat dari daun kemangi atau sari daun kemangi bisa untuk mengatasi penyakit diare, gangguan pada vagina, nyeri payudara, hingga mengatasi batu ginjal dan albuminaria.

Sedangkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Center for New Crops and Plant Products, Purdue University, AS , membuktikan bahwa daun kemangi terbukti berkhasiat ampuh mengatasi keluhan flu, diare, sakit kepala, cacingan, sembelit, hingga penyakit ginjal.

Selain itu, penelitian tersebut juga membuktikan manfaat daun kemangi untuk mengobati perut kembung, maag, badan lesu, masuk angin, hingga mengatasi kejang. Aroma dari daun kemangi juga dapat digunakan sebagai obat nyamuk.

Dari beberapa penjelasan tadi tak diragukan lagi bahwa memang daun kemangi memiliki khasiat yang bermanfaat, padahal kita tahu daun kemangi hanya sekedar untuk lalapan saja. Daun kemangi sering disuling karena mengandung minyak atsiri golongan tinggi dimana aroma kemangi akan hilang dalam waktu 24 jam setelah dioleskan ke tubuh. Minyak atsiri tersebut bisa membuat tubuh lebih segar dan meringankan rasa sakit sehingga sangat baik digunakan sebagai minyak pijat aroma. Namun, jika Anda adalah Ibu hamil jangan menggunakan minyak ini karena dapat menyebabkan resiko keguguran.

Tak hanya itu saja manfaat daun kemangi bagi kesehatan, daun kemangi masih memiliki manfaat untuk mengatasi masalah pencernaan, infeksi usus, muntah, sakit kepala, demam, hingga radang lambung. Dan bila ada yang memiliki keluhan enjakulasi, daun kemangi memiliki kandungan zat Eugenol dan Apigenin fenkhona yang dapat membantu membuat ereksi lebih mudah, dan zat arginin untuk mencegah kemandulan.

Sumber : situsblog.com

pf button both Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

15 Responses to “Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan”

  1. arbain hs s.sos says:

    Saya adalah salah satunya yg tidak suka makan daun kemangi tersebut.setelah membaca artikel ini baru saya sadar alangkah sungguh mengkagumkan bagi saya.banyak sekali hasiatnya dan mempaatnya tubuh kita.terutama untuk kesehatan dan mulai hari ini saya akan menyenaginya tanaman tsbt.

    Salam semuanya buat yg membacanya

    Komentar yang Sangat Berguna. Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 13 Thumb down 5

  2. Sugiharto Budhy says:

    Saya selalu siap dengan daun kemangi untuk dilalap setiap makan. Gara-garanya suka mengalami sembelit walupun sudah banyak mengkonsumsi sayuran. Setiap makan lalapan kemangi maslah sembelit musnah. Jadi saya selalu menyediakan daun kemangi pada waktu makan.

    Komentar yang Sangat Berguna. Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 6 Thumb down 0

  3. nofi says:

    saya klo lihat kemangi benci… tidak suka daun kemangi karena baunya,pikiran sya ntu daun kemangi itu rasanya pahit… sya melihat temen saya klo makan suka pake lalap kelihatannya ci enak.. setelah tahu manfaatnya saya coba makan cara makannya saya tanya ma temen… gara2nya suka sering mengalami sembelit…

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 0

  4. imel says:

    Saya penyuka daun kemangi dari dulu,rasa dan aromanya enak dan membangkitkan selera makan….

    Komentar yang Sangat Berguna. Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 5 Thumb down 0

  5. Dari dulu saya senang makan daun cemangi tapi baru kali ini saya tau manfaatnya, makasih banyak atas artikelnya.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 2 Thumb down 0

  6. deren says:

    thx atas info’a…..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. Satria jagad says:

    Seandainya lebih detail dkupas bagaimana cra penanganan untuk sakit batu ginjal akan sangat menarik. . .

    Komentar yang Sangat Berguna. Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 7 Thumb down 0

  8. jaya parms says:

    daun kemangi cocok jg buat ayam aduanku ,, ayam mnjdi sehat ,grenk bnget buat macek ,,,,,

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 3 Thumb down 0

  9. tantie says:

    saking sukanya seluruh keluarga dengan daun kemangi sampai akhirnya kami menanam di pekarangan rumah dan hampir tiap hari diambil hanya pucuknya saja supaya biar tetap tumbuh dan bertambah banyak pucuknya.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. aditya says:

    DAUN KEMANGI UNTUK OBAT BATUK

    kemangi? luar biasa!
    itulah yg saya rasakan.

    sy baru saja terserang flu disertai batuk berat.
    setelah browsing cari obat batuk alami, detik.com says kl kemangi bisa digunakan sbgai obat batuk.

    ambil 3-4 lembar lalu direbus air 1-2 gelas.
    lalu minum air rebusannya.

    hasilnya.. Alhamdulillah… berasa banget.

    batuk saya kemudian reda… yg tdnya kering, setelah minum beberapa jam kemudian lendirnya mulai keluar semua..

    dan alhamdulillah badan jadi lebih bugar…

    :) sdh gt duku, mau rebus air kemangi lagi biar batuknya cepat tuntas… aamiin…

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 2 Thumb down 0

  11. thx infonya. ndak rugi punya sendiri

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  12. khoiruna.sajidah says:

    menurut saya kemangi ini sangat bagus bagi kesehatan kita,tapi orang indonesia masih banyak yang belum mengetahui rahasia dari daun kemangi.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  13. khoiruna.sajidah says:

    kemangi sering di gunakan sebagai penghilang bau badan

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 2 Thumb down 0

  14. Manfaatnya berubah ga ya kalau daun kemanginya di masak.?
    Terima kasih infonya sangat bermanfaat.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  15. Siti Arisa says:

    wehh banyak manfa’atnya jga nih daun kemangi , q tw daun kemangi tuh hanya untuk lalapan ..:D

    ternyata banyak jga manfa’atnya .. thanks

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0


Trackbacks/Pingbacks

  1. Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan | My life-My adventure - [...] Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan  [...]