Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Doktersehat.com- Daun kemangi adalah sejenis sayuran yang biasanya digunakan untuk memasak atau dapat juga digunakan sebagai lalapan. Selain kemangi adapun lalapan lainnya adalah daun kubis,selada,dan irisan mentimun. Kemangi memiliki aroma yang sangat kuat.



Manfaat daun kemangi untuk kesehatan

Daun kemangi mempunyai berbagia macam manfaat khususnya manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan.

  1. Anda yang memiliki masalah dengan bau badan, kemangi dapat menjadi obat untuk mengatasi masalah anda. Caranya anda bisa makan salad kemangi setiap harinya atau jika anda tidak meyukai baunya, anda bisa membuat jus kemangi dicampur dengan daun kunyit dan daun beluntas diminum setiap hari secara teratur.
  2. Daun kemangi juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti gangguan rasa sakit pada vagina dan payudara serta dapat menyembuhkan diare untuk batu ginjal dan albuninaria diatasi.
  3. Dapat mengatasi pula untuk sakit  perut kembung, sakit maag, kelelahan pada tubuh.
  4. Manfaat berikutnya adalah untuk masalah pencernaan seperti infeksi usus, gejala muntah, sakit pada kepala dan demam, serta radang perut.

Daun kemangi yang mengandung zat eugenol dan apigenin fenkhona ini berfungsi untuk memfasilitasi ereksi dan arginine substansi yang mampu mencegah kemandulan pada pria.

Daun kemangi juga sering disuling karena mengadung minyak atsiri golongan tinggi dimana aroma kemangi akan hilang dalam waktu 24 jam setelah dioleskan ke tubuh. Minyak atsiri juga bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan meringankan rasa sakit sehingga sering digunakan untuk minyak oles saat melakukan pijat. Satu hal yang perlu diperhatikan, bila anda sedang hamil jangan pernah menggunakan minyak ini karena dapat menyebabkan keguguran.

Sumber:buahuntukdiet.com&carakurusdenganmudah.com