Manfaat Daun Andong Untuk Kesehatan Tubuh

Dokter Sehat – Andong atau lebih dikenal dengan nama Hanjuang adalah kelompok tumbuhan monokotil yang sering ditanam oleh masyarakat sebagai salah satu tanaman hias, daunnya yang berwarna merah atau hijau kemerahan cukup cantik untuk dijadikan tanaman hias. Kelebihan dari tanaman Andong adalah relatif tahan terhadap kekeringan dan meskipun tidak dirawat mampu bertahan hidup dengan baik. Manfaat dari tanaman andong merah ini banyak sekali, Diantaranya sebagai penyejuk darah, menghentikan pendarahan dan menghancurkan darah beku pada saat terjadi memar.

18

Berikut ini manfaat andong :

1. Untuk mengatasi batuk darah, urine berdarah, dan haid terlalu banyak
Bagian yang digunakan yaitu daun atau akar, cara pembuatan ramuannya yaitu dengan merebus daun andong segar ±90 gr, atau akar andong kering ±50 gr dengan tiga gelas air sampai tersisa 1 gelas. Kemudian disaring dan dimunim pagi dan sore sebanyak ½ gelas.

2. Untuk obat diare / disentri
Bagian yang digunakan adalah daun atau akar tanaman, cara nya yaitu merebus bagian daun ±90 gr, atau akar andong kering ± 15 gr menggunakan tiga gelas air. Rebus hingga tersisa 1 gelas, kemudian di saring dan di bagikan menkadi 3 gelas ukuran sama. Diminum 3 x sehari, pagi, siang, dan sore.

3. Mengatasi wasir
Bahan yang digunakan adalah daun andong 3 helai + daun wungu 7 helai, kemudian direbus dengan tiga gelas air sampai tersisa 1 gelas. Disaring, dan minum secara rutin setiap hari.

4. Obati luka akibat sengatan binatang berbisa
Bagian yang digunakan adalah daun andong, haluskan beberapa lembar daun andong segar, kemudian panaskan diatas api. Dalam kondisi hangat , diusapkan pada bagian tubuh yang terluka akibat sengatan dan di balut dengan kain. Ganti 2-3 kali sehari.

Baca Juga:  Aktivitas-aktivitas Kampus yang Bikin Sehat

5. Mengobati radang gusi
Kulit andong di kikis secukupnya, tambahkan sedikit garam, aduk sampai rata. Kemudian oleskan ramuan pada bagian gusi yang meradang.

Dokter Sehat