Manfaat Dan Kandungan Biji Matahari

Dokter Sehat – Biji bunga matahari adalah hadiah bagi kesehatan kita, ini adalah biji berwarna keabu-abuan-hijau atau hitam yang merupakan hasil dari bunga matahari. Di Indonesia biji bunga matahari sering diolah menjadi makanan ringan seperti kuaci biji bunga matahari.

10

Biji bunga matahari adalah makanan yang sangat baik untuk nilai kecukupan gizi dan kita sering menganggap sebagai makanan ringan sehat, biji bunga matahari adalah sumber yang sangat baik dari minyak tak jenuh ganda dan yang membuat biji bunga matahari adalah makanan yang bagus untuk kesehatan jantung. Tapi selain itu biji bunga matahari adalah sumber besar nutrisi berharga lainnya juga.

Kandungan biji bunga matahari hampir 90% dari lemak pada biji bunga matahari adalah lemak yang baik, lemak tak jenuh. Biji bunga matahari juga mengandung lemak monosaturated yang membantu menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL (kolesterol jahat) sekaligus meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik). Selain itu, biji bunga matahari mengandung Vitamin E dan Vitamin B 1 (Thiamin). Mangan, magnesium, tembaga, selenium, fosfor, vitamin B 3 (Niasin), vitamin B5 (Pantothenic) dan folat juga dapat ditemukan dalam jumlah yang baik dalam biji bunga matahari.

Khasiat biji bunga matahari :

1.Biji bunga matahari merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin E, seperti yang kita ketahui Vitamin E adalah antioksidan. Vitamin E melawan radikal bebas dan menyimpan sel-sel dari kerusakan termasuk sel otak, vitamin E mencegah penyakit jantung, antioksidan dalam Vitamin E melawan radikal bebas dan mencegah mereka dari oksidasi kolesterol. Hal ini membuat kondisi jantung sehat dan menurunkan resiko serangan jantung, stroke dan penyumbatan pembuluh darah.

2.Anti-inflamasi Vitamin E mengurangi kemungkinan asma, osteoarthritis, dan rheumatoid arthritis. Vitamin E juga mengurangi risiko dari setiap penyakit atau kondisi yang berkaitan dengan peradangan, selain itu Vitamin E juga membantu dalam mengurangi resiko kanker usus besar.

3.Biji bunga matahari mengandung sejumlah besar folat, folat adalah nutrisi penting untuk kesehatan kita. Ini adalah Vitamin B berperan penting dalam produksi sel-sel tubuh baru dengan membantu untuk membentuk DNA dan RNA, folat dan Vitamin B 12 membantu untuk membentuk hemoglobin dalam sel darah merah. Folat juga membantu dalam menurunkan risiko penyakit jantung, biji bunga matahari juga mengandung seng yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita kuat.

4.Biji bunga matahari juga mengandung baik jumlah magnesium, magnesium membantu mencegah asma, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mencegah sakit kepala migrain. Ini blok kalsium untuk masuk ke dalam sel-sel saraf dan pembuluh darah, dengan menghalangi kalsium, mencegah kejang otot dan kontraksi saraf mendadak.

Baca Juga:  Yoga Setiap Hari? Ini Dia 5 Manfaatnya

5.Serat pangan dalam biji bunga matahari mengontrol kadar kolesterol dan kadar glukosa darah dan juga meningkatkan pencernaan yang baik, biji bunga matahari mengandung Tryptophan – asam amino yang membantu untuk menghasilkan serotonin.

6.Selenium adalah mineral yang memainkan peran penting pada kesehatan secara keseluruhan, ini membantu untuk memperbaiki DNA, mengurangi perkembangan sel kanker. Selenium bekerja dengan Vitamin E dan membantu mencegah penyakit jantung juga, biji bunga matahari kaya akan selenium dan ini adalah alasan lain mengapa biji bunga matahari sangat baik untuk kesehatan kita.

Biji bunga matahari terdapat di bagian tengah bunga matahari yang lebar, biji bunga ini telah dikonsumsi sejak ribuan tahun yang lalu. Biji bunga matahari banyak biasa ditambahkan pada berbagai jenis masakan seperti bubur, sup, salad, dan lain sebagainya. Biji bunga matahari rasanya enak dan gurih karena mengandung lemak, biji bunga matahari dianggap sebagai salah satu makanan super karena kaya nutrisi untuk kesehatan.

Manfaat biji matahari :

1.Anti inflamasi
Biji bunga matahari kaya akan vitamin E yang dapat memerangi radikal bebas yang bisa merusak membran sel, sel otak dan juga kolesterol. Vitamin E ini juga mencegah asma, osteoartritis dan juga rematik artritis.

2.Kesehatan kulit
Kandungan dalam biji bunga matahari ini akan melindungi kulit dari paparan sinar surya dan memperlambat proses penuaan serta akan membuat kulit terlihat cerah.

3.Melawan kanker
Kecil-kecil namun cabe rawit, inilah ungkapan yang pas untuk biji bunga matahari ini. Biji ini kaya akan selenium yang bisa memperbaiki sel tubuh yang rusak dan mencegah terjadinya kanker, 50 gram biji bunga matahari sehari akan memperkecil resiko terserang kanker prostat, kanker kandung kemih dan kanker usus besar.

4.Tulang kuat
Magnesium dan juga kalsium ternyata juga terkandung dalam biji bunga matahari ini, kedua zat ini dibutuhkan untuk menguatkan tulang. Zat-zat ini diperlukan oleh tulang dan sendi agar fleksibel, selain itu vitamin E akan membantu mengurangi penyakit rematik.

5.Mencegah sakit jantung
Seperti yang disebutkan sebelumnya, vitamin E yang dikandung oleh biji bunga matahari ini memainkan peran penting bagi kesehatan organ dalam. Vitamin E mencegah radikal bebas dari oksidasi kolesterol yang bisa mencegah penyakit jantung dan juga serangan stroke.