Mengenal Ceramides dan Manfaat Baiknya untuk Kulit

doktersehat-ceramide-untuk-kulit
Photo Credit: Pxels.com

DokterSehat.Com– Memilih skincare dan kosmetik yang tepat tentu akan memberikan dampak baik pada kesehatan kulit. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk selalu selektif dan berhati-hati dalam memilih skincare. Pastikan Anda mengetahui formula bahan yang ada di dalamnya. Berbicara soal skincare, tentu Anda kerap menemukan skincare dengan tambahan bahan ceramides di dalamnya. Bahkan, sejumlah dermatologist dan beauty influencer juga menyarankan untuk menggunakan skincare dengan kandungan ceramides untuk pemilik kulit kering. Sebenarnya apa sih manfaat dari ceramides untuk kulit?

1. Mengganti Lemak pada Kulit

Saat kulit terlalu sering terpapar bahan kimia atau bahan-bahan yang berbahaya, tidak jarang jika sel lemak atau lipid akan berangsur-angsur menghilang. Tentu saja kondisi yang demikian sangat tidak baik untuk kesehatan kulit yang menyebabkan kulit rentan terserang breakout. Namun, siapa yang menyangka jika skincare dengan kandungan ceramides dapat mengatasi hal tersebut. Dilansir dari laman Skin Store, ceramides dapat menggantikan sel lemak tersebut sehingga kulit akan tetap terasa kenyal dan lembap. Lebih lanjut, skincare yang mengandung ceramides juga menghindarkan Anda dari risiko breakout.

2. Mengatasi Eksim dan Psoriaris

Saat kulit kering, sebagian orang justru berisiko tinggi terserang penyakit eksim atau psoriasis. Kedua penyakit ini biasanya disertai dengan rasa gatal dan nyeri pada area kulit tertentu. Namun, siapa yang akan menyangka jika kedua penyakit kulit tersebut dapat diatasi atau pun disembuhkan dengan menggunakan ceramides. Seperti yang telah diketahui sebelumnya, ceramides akan menciptakan lapisan pelindung pada kulit dan mengembalikan kelembapan sel kulit. Saat kulit menjadi lembap, secara otomatis eksim dan psoriaris akan memudar.

3. Melembapkan Kulit

Banyak yang belum mengetahui jika ceramides dapat menggantikan sel lemak hingga 40% pada lapisan kulit. Tidak heran jika kondisi tersebut menjadikan kulit terasa tetap kenyal dan lembut. Selain itu, ceramides juga mengunci kelembapan pada sel kulit sehingga kulit tidak akan mengalami sejumlah masalah. Dilansir dari laman Skin Store, skincare dengan kandungan ceramides dapat melembapkan kulit secara optimal dan dapat digunakan untuk mencegah munculnya garis halus penyebab kerutan.

Wah, siapa yang akan menyangka jika bahan satu ini rupanya memiliki manfaat yang cukup mengejutkan. Tidak hanya melindungi kulit, ceramides rupanya juga membantu kulit tetap dalam keadaan lembap. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menggunakan skincare dengan kandungan ceramides. Namun, selalu sesuaikan jenis skincare dengan kondisi kulit Anda.