Manfaat Buah Untuk Mata

Dokter Sehat – Mata merupakan salah satu panca indra yang perlu Anda rawat dengan baik dari luar maupun dari dalam, menjaga kesehatan mata adalah hal yang sangat penting bila Anda ingin memiliki penglihatan yang tajam dan sehat. Dari mata kita dapat melihat semua rasa yang ada, bahkan kita dapat berkomunikasi hanya melalui tatap mata. Mata juga tidak mampu menyembunyikan sebuah kebohongan, betapa pentingnya fungsi mata selain dapat menunjukan kepada kita akan indahnya dunia.

6

Mata juga merupakan salah satu panca indra yang rentan terhadap beberapa penyakit seperti rabun jauh, rabun dekat, dan katarak. Gaya hidup yang tidak sehat seperti menonton TV terlalu dekat, membaca di ruangan yang gelap dapat membuat mata menjadi sakit. Agar mata Anda tetap sehat, Anda bisa memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan. Buah selain enak dimakan, juga dapat meningkatkan kesehatan mata. Di dalam buah terdapat kandung suatu komponen zat warna yang disebut beta karoten, beta karoten inilah yang dapat mengaktifkan pro vitamin A menjadi vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan meningkatkan daya akomodasi.

Beta karoten terdapat di dalam buah-buahan yang berwarna kuning, jingga atau kemerahan. Seperti buah mangga, papaya, jeruk, apel, semangka, dan melon. Selain dapat meningkatkan daya akomodasi, beta karoten juga dapat mengobati katarak dan glaucoma. Khasiat buah untuk mata juga terdapat adaya kadar lutein tinggi seperti pada buah kiwi, pisang, dan jambu juga dapat mengobati katarak. Kadar vitamin C pada buah juga dapat menguatkan jaringan ikat pada area mata dan memperlancar peredaran darah, vitamin C juga dapat bantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membantu tubuh mengurangi terjadinya infeksi pada mata.

Baca Juga:  Kembali Perawan Atau Ingin Vagina Rapet Lagi? Coba Vaginoplasty

Beberapa buah yang mengandung minyak esensial seperti buah zaitun, dan strawberry sangat bagus untuk membersihkan mata serta mengobati mata radang. Buah ini juga dapat mengobati mata katarak, kandungan folat seperti kalsium dan kalium yang terdapat di dalam buah, seperti buah jeruk, pisang, dan salak juga besar manfaatnya untuk kesehatan mata.