Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan

Dokter Sehat – Lycopersicum esculentum Mill atau biasa yang disebut tomat adalah tanaman yang berasal dari Amerika latin, buah tomat memiliki rasa yang sedikit asam dan sering digunakan untuk campuran masakan seperti sup, semur, dan sambal. Kadang juga tomat dimakan begitu saja sebagai lalap.

18

Tomat memilik kandungan lycopene, sehingga dapat mencegah terjadinya kanker prostat. Lycopene juga terdapat di berbagai produk olahan tomat, seperti pizza, sup tomat, kecap, jus, salad, saus spaghetti, salsa, dan pasta tomat. Dari berbagai produk olahan tomat ini merupakan sumber lycopene yang bioavailability-nya lebih baik daripada buah tomat yang masih segar.

Berikut Ini Ada Beberapa Maanfaat Tomat Untuk Kesehatan :

1. Mencegah Kanker
Tomat selain bermanfaat sebagai bahan makanan, ternyata tomat juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh. Setiap hari mengkonsumsi 10 porsis tomat jarang terkena kanker prostat, dikarenakan di dalam tomat ada kandungan likopen. Bukan cuma hanya kanker prostat saja, mengkonsumsi tomat juga dapat menghindari gejala kanker rahim, kanker lambung, usus besar, rektum, dan pankreas.

2. Mencegah Penyakit Jantung
Orang yang didalam tubuhnya memiliki kadar likopen yang tinggi, jarang terkena serangan jantung. Karena kandungan asam salisilat mampu mencegah pengentalan darah.

3. Melancarkan Pencernaan
Tomat yang kaya akan serat, air, dan mineral juga dapat membantu proses pencernaan, mineralnya merangsang pengeluaran air liur sehingga dapat menambah nafsu makan. Kandungan asam malat dan asam sitrat pada tomat dapat mencegah terbentuknya batu empedu, tomat juga dapat mencegah radang usus buntu dan saluran pernapasan.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Tomat dapat membantu mencegah asam urat, Vitamin A dan C pada tomat dapat meningkatkan daya tahan tubuh.