17 Manfaat Makan Buah Naga bagi Ibu dan Janin

doktersehat-buah-naga

DokterSehat.Com– Warna buah naga yang segar, merah, dan lezat dapat menstimulasi mengidam makanan saat menginginkannya, tetapi otak menghentikan Anda, dan mengingatkan untuk ekstra hati-hati tentang apa yang calon ibu makan.

Saat memilih untuk memakan buah naga, atau makanan baru, Anda perlu tahu apakah itu aman untuk wanita hamil, dan apakah itu memiliki manfaat kesehatan.

Jadi, pahami lebih lanjut tentang mengonsumsi buah naga selama kehamilan.

Apa itu buah naga?

Buah naga sangat populer sebagai makanan penutup atau untuk jus, awalnya milik genus kaktus Hylocereus dan berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan. Namun, saat ini Anda dapat menemukan buah yang lezat dan bersisik ini di semua belahan dunia. Buah naga tersedia dalam varietas manis dan asam, tergantung pada spesiesnya. BUah ini memiliki tekstur yang mirip dengan kiwi dan mengandung banyak biji hitam kecil.

Apakah makan buah naga aman selama kehamilan?

Ibu hamil dapat mengonsumsi buah naga. Faktanya, makan buah sangat bermanfaat untuk Anda dan kesehatan bayi yang belum lahir. Nutrisi dalam buah naga tidak hanya memastikan kehamilan yang sehat tetapi juga melindungi bayi yang belum lahir dari beberapa cacat lahir dan gangguan. Jadi, konsumsilah buah naga merah dalam jumlah yang cukup selama kehamilan.

Manfaat kesehatan makan buah naga selama kehamilan

Buah naga tidak hanya memuaskan keinginan makanan Anda selama kehamilan, tetapi juga memberi beberapa manfaat kesehatan, beberapa di antaranya meliputi:

1. Mencegah cacat lahir

Folat adalah salah satu nutrisi yang penting selama kehamilan. Buah naga mengandung folat dalam jumlah banyak yang membantu melindungi bayi belum lahir dari cacat tabung saraf secara efektif. Juga, buah bergizi penuh dengan beberapa vitamin bermanfaat, seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, dan vitamin lainnya, yang memberikan kesehatan yang tepat, pertumbuhan, dan perkembangan janin.

2. Meningkatkan kekuatan tulang

Kandungan kalsium dalam buah naga membantu menguatkan tulang dan gigi Anda selama kehamilan. Juga, kalsium dan fosfor dalam buah memastikan perkembangan tulang-tulang janin Anda dengan tepat selama dalam kandungan.

3. Meningkatkan hemoglobin

Buah naga mengandung banyak zat besi dan vitamin C yang membantu meningkatkan jumlah hemoglobin Anda secara substansial selama kehamilan. Tingkat hemoglobin yang baik mencegah risiko pengembangan anemia dan efek buruknya.

4. Mengobati sembelit

Kandungan serat dalam buah naga membantu mendorong pencernaan yang lancar, gerakan usus halus, dan mencegah risiko masalah sembelit selama kehamilan. Juga, nutrisi dalam buah memberikan efek pembersihan dan mencegah perkembangan beberapa gangguan pencernaan.

5. Mencegah infeksi mikroba

Sifat antibakteri dan antijamur dari buah naga menghambat pertumbuhan infeksi bakteri dan jamur di sistem organ dan membantu melawan infeksi bakteri dan jamur yang berbahaya selama kehamilan. Juga, konsumsi buah naga saat hamil meningkatkan regenerasi sel dan penyembuhan luka secara efektif.

6. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi dari buah naga membantu menetralisir aktivitas radikal bebas, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah risiko perkembangan kanker selama kehamilan. Juga, kandungan karoten dalam buah bergizi memberi Anda manfaat anti-karsinogenik dan menghambat pertumbuhan tumor.

7. Sumber energi

Karbohidrat adalah sumber energi yang sangat penting yang Anda butuhkan untuk pertumbuhan janin yang sesuai. Buah naga merupakan sumber karbohidrat alami yang memberi energi cukup selama kehamilan. Hanya 100 gram buah yang lezat memberi Anda sekitar 9 hingga 14 gram karbohidrat. Bukankah ini salah satu manfaat besar buah naga selama kehamilan.

8. Sumber lemak sehat

Lemak dalam buah naga tidak hanya memberi energi tetapi juga meningkatkan pembentukan otak bayi yang belum lahir. Hanya satu porsi buah menyediakan sekitar 0,1 hingga 0,6 gram lemak, lemak tak jenuh tunggal yang jelas.

9. Anti-oksidan

Buah naga mengandung tingkat anti-oksidan tinggi yang dikenal sebagai fenol. Ini melindungi membran sel anak dari segala jenis kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Ini berarti anak Anda akan kurang rentan jatuh sakit jika buah naga diberikan secara teratur. Antioksidan melindungi anak dari penyakit umum.

10. Melindungi jantung

Buah naga memiliki dampak besar pada kesehatan jantung anak. Itu akan melindungi hati anak dan membantunya tetap kuat. Jika anak tidak aktif secara fisik, kemungkinannya adalah bahwa jantungnya mungkin berisiko. Mengkonsumsi buah naga memastikan tetap sehat.

11. Kaya vitamin C

Vitamin C diperlukan untuk perkembangan tulang dan otot anak. Ini juga bagus untuk gigi. Vitamin C akan membantu si kecil untuk mengembangkan pembuluh darah anak yang sedang tumbuh. Vitamin C juga merupakan sumber yang bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

12. Serat tinggi

Kandungan serat dalam buah naga sangat tinggi. Ini membantu anak menikmati sistem pencernaan yang sangat sehat. Ini menstabilkan kadar gula darah. Serat juga membantu anak mendapatkan berat badan yang sehat.

13. Kaya vitamin A

Buah naga adalah sumber vitamin A yang luar biasa. Ini membantu kulit anak tetap sehat. Vitamin A juga baik untuk mata anak. Ini akan meningkatkan penglihatannya dan melawan segala jenis infeksi di dalam tubuh.

14. Memperkuat rambut

Buah naga adalah sumber besi yang fantastis. Itulah mengapa dia meningkatkan pembentukan sel darah merah di tubuh anak. Ini juga memperkuat dan menyuburkan rambut. Jika Anda khawatir tentang kurangnya rambut di kepala anak maka beri dia makan buah naga. Makanan yang berasal dari buah ini pasti akan meningkatkan pertumbuhan rambut untuk anak.

15. Menenangkan saraf

Buah naga juga kaya potasium. Kalium adalah mineral yang memastikan berfungsinya jantung dan sistem saraf. Dalam tahap pertumbuhan, penting bagi anak untuk menjaga kesehatannya dan bebas dari segala jenis lemak.

16. Bagus untuk kulit

Kaya vitamin C, buah naga sangat baik untuk kulit anak Anda. Kulit anak Anda mungkin cenderung kehilangan tekstur dan kelembutan karena paparan konstan terhadap polutan. Buah naga memiliki kemampuan memulihkan kesehatan kulit anak Anda.

17. Menjaga ginjal tetap bersih

Kapasitas detoksifikasi buah naga dapat membantu anak menyingkirkan segala jenis racun di ginjal. Itu membuat ginjal bersih dari segala jenis unsur beracun dan akibatnya membantu menjaga saluran kemih yang sehat.

Jadi, makanlah buah naga secukupnya untuk kesehatan Anda dan janin.