Manfaat Buah Manggis bagi Kesehatan Tubuh

Doktersehat.com – Buah manggis merupakan jenis buah – buahan yang banyak di temukan di Indonesia, selain buah manggis manggis rasanya yang sangat enak terutama di buat jus juga mempunyai khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Sudah banyak riset untuk mengetahui manfaat buah manggis baik daging buahnya maupun kulit luarnya. Hal ini terjadi karena hampir semua bagian dari buah manggis bisa dimanfaatkan dan sangat baik bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa riset yang dilakukan oleh para ahli untuk menemukan manfaat buah manggis.

doktersehat-manggis-buah

Buah yang bernama latin garcinia mangostana ini memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat mencegah perkembangan penyakit jantung serta diabetes pada pasien penderita obesitas. Bahkan sebuah studi yang dilakukan oleh BioMed Central Akses, menggambarkan bagaimana jus dari buah eksotis ini mampu menurunkan tingkat protein C-reaktif.

Obat Awet Muda
Zat antioksidan yang terdapat di dalam buah manggis sangat baik untuk kesehatan dan mampu menghambat penuaan. Karena zat ini mampu memperbaiki sel-sel jaringan tubuh yang rusah dan menggantinya dengan yang baru, sehingga anda akan nampak awet muda jika rajin mengkonsumsi buah ini. Ada juga buah lain yang mengandung banyak antioksidan yaitu manfaat mahkota dewa.

Menghambat Pertumbuhan Kanker
Dan yang perlu anda ketahui adalah buah ini banyak mengandung xanthone yang merupakan senyawa anti kanker. Bahkan ektrak kulit mangging bersifat apoptosis (penghancur sel kanker), jadi bagi anda yang suka dengan buah manggis jangan terburu-buru membuang kulitnya, karena justru disinalih banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh.

Mengolah Kulit Manggis
Untuk memperoleh manfaat buah manggis secara maksimal kita bisa memnyeduh potongan kulit manggis takarannya adalah 1 kulit manggis dipotong-potong lalu direbus menggunakan 2 gelas air sampai tersisa satu gelas saja. Kemudian saring air rebusan dan konsumsi secara teratur 2-3 kali sehari.

Itulah beberapa manfaat buah manggis yang perlu kita ketahui. Tapi bagaimanapun juga anda harus berhati-hati saat mengolah buah menggins, karena kulit manggis tersebut tidak higienis dan bisa saja mengandung pestisida yang disemprotkan petani untuk mengusir hama dari pohon manggis.

Kandungan yang terdapat dalam buah manggis terkenal dengan nama Xanthone, di mana Xanthone menurut penelitian mampu mengobati berbagai penyakit berbahaya , seperti kanker, penyakit jantung dan kerusakan otak selain itu mengandung zat antioksidan yang berguna bagi tubuh untuk melawan radikal bebas.

Berikut ini merupakan manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh:

  • Mencegah dan mengobati kanker
  • Melawan radikal bebas
  • Menurunkan kolesterol
  • Menyehatkan mata
  • Diet mengurangi berat badan
  • Meningkatkan stamina, tenaga dan energi
  • Mengobati penyakit berbahaya, seperti jantung, stroke, diabetes, batu ginjal dll