Manfaat Buah Durian

Doktersehat.com – Menyantap buah durian bagaikan mencicipi surga dunia bagi para penggemar buah beraroma tajam ini. Di balik kulitnya yang tajam, terdapat buah yang nikmat disantap. Tak hanya itu ternyata buah durian memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.



1. Anti kanker

Dua zat penting, Phytonutrient dan Phytosterol, dalam durian dipercaya mampu mematikan sel-sel penyebab kanker, memperbaiki reaksi anti tumor pada tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga mencegah katarak.

2. Tambah energi

Durian mengandung tiga jenis gula alami, yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa, yang dapat memberikan tambahan energi bagi yang mengonsumsinya.

3. Kesehatan kulit

Banyak yang tak tahu kalau durian mengandung vitamin C. Vitamin C menjadi faktor penting dalam memproduksi kolagen, sebuah protein penting di kulit, tulang, tendon, ligamen dan pembuluh. Kolagen diperlukan untuk mengencangkan kulit dan berperan penting dalam penyembuhan luka.

4. Membantu berhenti merokok

Durian mengandung vitamin B6, B12, kalium dan magnesium yang membantu tubuh bertahan dari efek ‘sakau’ nikotin.

5. Membantu pencernaan

Durian kaya akan thiamin, sebuah vitamin B yang menghasilkan asam klorida dalam lambung, sehingga baik untuk pencernaan. Durian juga membantu menetralisir kelebihan asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi dinding perut.

6. Mengatur kadar gula darah

Mangan dalam durian membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

7. Melawan depresi

Kaya akan vitamin B6 membantu tubuh melawan depresi. Vitamin B6 merupakan salah satu nutrisi penting memproduksi serotin, hormon yang dapat mencegah depresi, rasa cemas, susah tidur, stres dan memperbaiki mood. Penelitian telah menunjukkan bahwa penderita depresi memiliki tingkat vitamin B6 yang rendah.

8. Menghindari dan mengurangi sembelit

Durian merupakan buah yang kaya serat yang menyerap air dan berperan penting dalam saluran pencernaan. Akhirnya, membuat saluran pencernaan lancar dan mencegah sembelit.

Baca Juga:  Mengenal Gejala Kanker Tulang Belakang

9. Kepadatan tulang

Buah ini juga kaya akan kalium. Kalium membantu penyebaran kalsium dalam tubuh.

10. Meringankan migrain

Makan durian saat kepala nyut-nyutan boleh dicoba. Riboflavin yang terkandung dalam durian membuat durian ampuh menjadi obat migrain.

11. Kesehatan tiroid

Tembaga yang banyak terkandung di durian berperan layaknya yodium. Tembaga menjadi nutrisi penting dalam metabolisme kelenjar tiroid.

12. Menjaga kesehatan janin

Durian juga mengandung folat, sebuah nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil. Folat membantu pertumbuhan jaringan janin dan melindunginya dari gangguan perkembangan otak serta tulang belakang janin. Namun, perlu konsultasi dengan dokter.

13. Menjaga kesehatan otot dan saraf

Magnesium dan vitamin B dalam durian bertindak sebagai menjaga dab memperbaiki sistem sel saraf. Jika sel saraf bekerja aktif, maka kontraksi otot akan semakin baik.

Sumber: ghiboo.com