Manfaat Buah Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Manfaat buah banyak dicari karena sangat baik untuk tubuh kita. Buah-buahan banyak kita temukan disekitar kita dan tidak sudah untuk mendapatkannya. Dengan harga yang relatif terjangkau, sepertinya kita bisa mengkonsumsi buah-buahan setiap hari sebagai makanan penutup atau sebagai camilan untuk mengganjal perut. Dengan mengkonsumsi setiap hari, kita bisa mendapatkan manfaat buah-buahan secara maksimal.

doktersehat-buah-sayur

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar, kita wajib mengkonsumsi buah-buahan. Karena buah mengandung mineral, vitamin, dan gizi tinggi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, buah-buahan juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kandungan serat dan air yang terdapat dalam buah-buahan membuat perut kita menjadi kenyang, sehingga dapat digunakan sebagai program diet sekaligus menyehatkan tubuh.

Jika kita membicarakan tentang manfaat buah, tentu saja tidak bisa terlepas dari sayuran. Karena sayuran merupakan sumber serat, vitamin (vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D dan vitamin E) dan mineral yang sangat baik untuk tubuh kita. Selain itu, sayuran juga rendah lemak dan rendah kalori. Buah-buahan dan sayuran merupakan sinergi yang tidak bisa dipisahkan. Dari sebuah penelitian menyebutkan bahwa, antioksidan yang terdapat dalam buah dan sayur akan lebih optimal jika mereka dikonsumsi secara bersama-sama. Jadi buah dan sayur merupakan makanan wajib dalam menu harian kita.

Sebagai contoh, Jeruk memang diketahui sebagai buah yang kaya vitamin C. Rasanya yang asam-asam manis mengandung banyak vitamin C. Tetapi ada beberapa jenis buah lainnya yang mengandung vitamin C lebih tinggi dibandingkan dengan jeruk.

Kebutuhan akan vitamin C yang dianjurkan pada pria dewasa sekitar 90 mg per hari. Sedangakn pada wanita dewasa sebanyak 75 mg per hari. USDA National Nutritional Database, memiliki daftar makanan lain selain jeruk yang kaya vitamin C.

Baca Juga:  Kombinasi Buah-Buahan Ini Ternyata Berbahaya Bagi Kesehatan Anak

Inilah 5 jenis buah lain yang kaya akan vitamin C:

1. Pepaya
Satu pepaya kecil atau sekitar 157 g mengandung 95,6 mg vitamin C. Buah yang bisa diolah menjadi minuman segar dan sayuran ini juga kaya akan vitamin A, asam folat, dan serat. Buah ini juga baik untuk dijadikan makanan pendamping ASI.

2. Strawberry
Buah yang rasanya asam dan segar ini, mengandung vitamin C sebanyak 86,5 mg dalam satu porsinya atau 147 g. Dalam sebuah penelitian menunjukkan, jika makan dua porsi strawberry dalam seminggu dapat mencegah gangguan saraf otak.

3. Kiwi
Warna hijau dan dihiasi biji hitam yang berukuran kecil pada daging buah. Dalam 100 g kiwi mengandung 137,2 mg vitamin C. Tidak hanya itu, buah kiwi juga mengandung antioksidan dan asam lemak omega-3.

4. Ubi
Makanan yang sering diolah sederhana ini dagingnya berwarna oranye, rasanya manis dan teksturnya padat. Satu buah ubi jalar mengandung 35,3 mg vitamin C. Jenis tanaman budidaya ini juga kaya akan karbohidrat.

5. Blewah
Blewah yang umumnya berbentuk bulat lonjong ini kulitnya berwarna jingga terang dengan sedikit bercak berwarna hijau. Dalam satu porsi atau satu potong blewah mengandung 49,2 mg vitamin C. Selain itu juga kaya akan minerat, vitamin A dan serat.