Manfaat Bersepeda di Akhir Pekan

DokterSehat.Com– Apakah anda termasuk dalam orang yang suka bersepeda di akhir pekan? Dalam realitanya, olahraga ini memang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Meskipun tubuh kita akan mengeluarkan banyak keringat dan otot-otot bisa terasa pegal setelah melakukannya, dalam realitanya bersepeda bisa membuat kita menikmati pemandangan alam dan akhirnya memberikan banyak manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat tersebut.

doktersehat-bersepeda-pemanasan

Pakar kesehatan RM Anjana dan Deepali Badoni yang berasal dari klinik AktivHealth berkata bahwa dengan bersepeda meskipun hanya di akhir pekan saja, maka kita bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar sekaligus mengatasi depresi, stress, dan kecemasan, masalah kesehatan psikis yang banyak dialami masyarakat modern karena menghadapi permasalahan pekerjaan atau ekonomi. Hal ini disebabkan oleh diproduksinya hormon dopamin, serotonin, serta phenylethylamine pada tubuh saat kita melakukan olahraga ini. Hormon-hormon inilah yang membuat pikiran kita menjadi lebih bahagia dan nyaman sekaligus menurunkan stress dengan signifikan.

Tak hanya bagi kesehatan psikis, bersepeda termasuk dalam olahraga yang sangat baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah mengingat kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan kadar kolesterol yang rendah, maka kita pun akan mencegah datangnya penyakit jantung dan stroke.

Dengan bersepeda, kita juga bisa menurunkan berat badan dengan signifikan atau mencegah datangnya masalah kenaikan berat badan. Karena alasan inilah ada baiknya kita rutin melakukan olahraga yang murah dan bisa dilakukan dimana saja ini, meskipun hanya di akhir pekan saja.