Manfaat ASI Untuk Bayi

Doktersehat.com-  Dua minggu awal pertama pascamelahirkan adalah masa-masa paling krusial bagi para ibu menyusui dan bayi. Pasalnya, pada periode tersebut dapat menentukan seberapa besar tingkat produksi ASI dari seorang ibu menyusui.



“Dua minggu pertama pasca melahirkan adalah masa tes marketnya. Jadi, kalau dua minggu itu bayinya menyusu terus, ke depannya produksi ASI akan tetap terus banyak,” ucap Ketua Ikatan Konselor Menyusui Indonesia (IKMI) Nia Umar dalam talkshow di sela-sela event Breastfeeding Fair 2012 di Grand Indonesia Shopping Town – Eastmall Level 2 (Exhibition Hall) Jakarta, Jumat, (4/5/2012) kemarin.

Nia mengungkapkan, sistem kerja produksi ASI di payudara seorang ibu mirip dengan sebuah pabrik. Jadi, semakin banyak permintaan ASI, semakin banyak pula produksinya. Kalau permintaan produksinya sedikit, maka pabrik akan mengurangi produksinya.

“Oleh karena itu, rawat gabung pascamelahirkan sangat penting. Karena akan merangsang produksi ASI sehingga akan maksimal,” tambahnya.

Nia berpendapat, masih ada sebagian besar ibu yang keliru dan menganggap bahwa menyusui hanya sebagai suplemen atau pendukung makanan bayi. Padahal, manfatnya ASI sangat dibutuhkan sepanjang hidup seorang anak. Nia mengibaratkan, ASI seperti blue print, di mana cetak biru seorang individu baru lahir adalah mendapatkan asi, karena itu merupakan sebuah rangkaian yang tidak terpisahkan.

“Inilah alasannya mengapa menyusui layak diperjuangkan,” ujarnya.

ASI mengandung semua nutrisi yang diperlukan oleh bayi untuk setidaknya enam bulan pertama kehidupannya dan terus menjadi bagian terpenting dari pola makannya selama satu tahun.

Kolostrum yang didapat dari ASI mengandung antibodi yang memberikan perlawanan terhadap infeksi. Kurangnya pemberian ASI berhubungan dengan risiko lebih tinggi menderita Sindrom Kematian Bayi Mendadak (SIDS). Bahkan, pemberian makanan buatan dapat meningkatkan risiko bayi mengembangkan diabetes di masa depan. Hal ini juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga:  Ini Alasannya Mengapa Ibu Menyusui Dilarang Mengkonsumsi Makanan Pedas

 Karena itulah ASI sangat bermanfaat sekali bagi Bayi. berikut adalah manfaat ASI;

1. Nutrisi Terbaik Untuk Bayi

Bayi yang berusia kurang dari 2 tahun memiliki kebutuhan nutrisi khusus. Nah, ASI mengandung segala nutrisi kebutuhan bayi, mulai dari zat gizi hingga zat kekebalan tubuh yang melindungi bayi dari serangan penyakit.

2. Mudah Dicerna dan Diserap Bayi

ASI mengandung dua jenis protein bernama whey dan casein sehingga mudah sekali dicerna oleh sistem pencernaan bayi.

3. Mengandung Zat Gizi yang Diperlukan Bayi

Bayi membutuhkan zat gizi untuk pertumbuhan dan perkembangannya, khususnya perkembangan otak. Zat gizi ini tidak mudah ditemukan pada bahan makanan lain. Untungnya, semua zat gizi itu sudah terkandung secara lengkap di dalam ASI.

4. Melindungi Bayi dari Dalam

Bayi yang berumur kurang dari 2 tahun cukup rentan terkena infeksi atau alergi. Namun, orangtua tidak perlu khawatir karena ASI memberikan perlindungan kepada bayi dari bahaya tersebut.

5. Membuat Bayi Merasa Nyaman & Aman

Ketika disusui, maka bayi akan berada dalam pelukan hangat sang bunda. Secara psikologis, bayi akan merasa luar biasa damai, nyaman, dan aman. Hal ini dapat menjaga kondisi emosionalnya sehingga si bayi dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Sumber:kompashealth.com&revistashop.wordpress.com