Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan

Dokter Sehat – Tidak hanya untuk bahan makanan, karena khasiatnya bagi kesehatan, asam jawa sering dijadikan minuman untuk menyehatkan tubuh. Hal tersebut dikarenakan asam jawa memang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

10

Manfaat-manfaat asam jawa bagi kesehatan :

1. Menjaga kesehatan pencernaan
Asam jawa telah diyakini dan dianggap sebagai obat pencahar alami, hal ini mungkin terkait dengan serat yang dikandungnya. Mengonsumsinya secara langsung atau melalui makanan yang menggunakan asam jawa sebagai bahan campurannya diketahui dapat meningkatkan kerja sistem pencernaan tubuh menjadi lebih baik. Serat yang ada di dalam asam jawa dapat merangsang asam lambung untuk mempercepat proses pencernaan, asam jawa juga dapat mendorong kinerja empedu, yang dapat membantu melarutkan makanan lebih cepat.

2. Menjaga kesehatan jantung
Asam jawa terbukti efektif dalam mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol dalam darah, kandungan serat di dalamnya diyakini dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) berlebih pada pembuluh darah dan arteri. Kalium dalam asam jawa juga mampu menurunkan tekanan darah karena perannya sebagai vasolidator yang bisa mengurangi stres pada sistem kardivaskular, vitamin C dalam asam jawa juga mungkin memiliki sesuatu yang serupa. Hal ini karena vitamin C termasuk senyawa antioksidan yang dapat mengurangi dampak dari radikal bebas, di mana radikal bebas ini sering dikaitkan dengan penyakit jantung ataupun permasalahan kesehatan lainnya.

3. Menjaga sirkulasi oksigen tetap optimal
Asam jawa merupakan sumber zat besi yang baik, dan mengkonsumsi satu porsi saja sudah menyediakan lebih dari 10 % jumlah kebutuhan harian zat besi yang diperlukan tubuh. Pasokan zat besi yang sehat dapat menjamin jumlah sel darah merah dalam tubuh, dan hal ini juga menjamin sirkulasi oksigen pada otot-otot dan organ-organ tubuh yang membutuhkannya agar dapat bekerja dengan baik.

Baca Juga:  RSCM Berhasil Memisahkan Bayi Kembar Siam

4. Menjaga fungsi saraf
Salah satu vitamin penting dalam asam jawa adalah vitamin B kompleks, tiamin atau vitamin B1 merupakan salah satu keluarga dari vitamin B, ditemukan di dalam asam jawa dengan jumlah yang tinggi. Tiamin bertanggung jawab untuk meningkatkan fungsi saraf serta perkembangan otot, membuat Anda untuk tetap aktif dan menjaga refleksif Anda.

5. Mengontrol diabetes
Makanan berkarbohidrat tinggi dapat meningkatkan peluang glukosa dan kadar insulin semakin tidak terkontrol, kondisi tersebut apabila benar-benar terjadi akan menjadi masalah terbesar bagi penderita diabetes. Nah, peran asam jawa ini adalah untuk memantau dan mengendalikan fluktuasi yang bisa terjadi.

6. Sebagai anti-inflamasi
Minyak esensial dari asam jawa telah dikaitkan dengan kemampuannya sebagai anti-inflamasi, termasuk pengurangan nyeri sendi dan peradangan, artritis, rematik, asam urat, serat juga dapat mengurangi iritasi pada mata.

7. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Tingginya kadar vitamin C serta efek antioksidan lainnya pada asam jawa memiliki dampak positif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan jangka panjang dari ancaman infeksi mikroba dan jamur. Selain itu, hal tersebut juga dapat mengurangi terjadinya parasit dalam tubuh karena adanya efek antiseptik dan antimikroba. Asam jawa juga diyakini dapat mengusir cacing perut pada anak-anak yang tinggal di daerah tropis.