Manfaat Asam Folat untuk Kualitas Sperma dan Kesehatan Pria

doktersehat-bayam-sayur

DokterSehat.Com – Selama ini asal folat selalu dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa menyehatkan janin yang ada di dalam rahimnya. Asam folat akan membuat janin jadi lebih kuat dan peluang terjadi keguguran semakin kecil.

Selain bermanfaat untuk wanita yang sedang hamil, asam folat ternyata juga bermanfaat untuk pria. Dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan asam folat ini, pria bisa jadi sehat dan kualitas spermanya meningkat.

Kualitas sperma dan asam folat
Pria yang mengonsumsi makanan dengan kandungan asam folat tinggi bisa membuat spermanya jadi berkualitas. Asam folat akan membuat sperma menjadi lebih sehat dan pergerakannya normal. Sperma yang berjalan dengan normal dan sehat akan mengurangi risiko cacat bawaan pada bayi saat lahir.

Manfaat asam folat untuk tubuh
Selain bermanfaat untuk membuat pria jadi lebih subur, ternyata, asam folat juga baik untuk mengatasi dan mencegah penyakit atau masalah kesehatan seperti anemia folat, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, diabetes, depresi, kanker kolorektal dan kanker launnya, vitiligo, penyakit ginjal kronis, bipolar, Alzheimer, dan keracunan motetreksat.

Asam folat bermanfaat juga untuk sistem pencernaan dan hati khususnya untuk mereka yang gemar mengonsumsi minuman keras.

Cara mendapatkan asam folat
Asam folat bisa didapatkan pria dari suplemen yang sudah banyak ditemui di pasaran. Selain itu, mereka juga bisa mengonsumsi bahan makanan alami seperti brokoli, bayam, kacang polong, melon, pisang, lentil, aneka buah, dan selada. Bahan ini bisa diolah menjadi makanan atau dimakan langsung sebagai jus atau camilan.

Asam folat yang disarankan untuk pria setiap harinya adalah 400 mikrogram setiap harinya. Sementara itu mereka yang memiliki masalah kanker usus atau usia sudah di atas 50 tahun konsumsi asam folat tidak boleh melebihi 200 mikrogram.