11 Manfaat Buah Apel untuk Ibu Hamil

Doktersehat - Apel
Photo Credit: Flickr.com/Miroslav Krajcovic

DokterSehat.Com– Salah satu makanan yang tidak boleh terlewatkan selama masa kehamilan adalah buah, terutama apel. Buah apel mempunyai kandungan nutrisi yang melimpah dan menguntungkan bagi tubuh. Apel kaya akan antioksidan, flavonoid, serat, vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, kalium, fosfor, pektin, asam ursolat, dan nutrisi bermanfaat lainnya.

Berikut ini adalah beberapa manfaat apel yang bisa didapatkan oleh ibu hamil, antara lain:

  1. Mengurangi mual dan muntah

Perut ibu hamil menjadi lebih sensitif karena meningkatnya asam lambung, di mana hal itu bisa memicu rasa mual dan muntah. Nutrisi dalam apel memiliki fungsi yang dapat menurunkan asam lambung. Rasa asam pada buah tersebut mengurangi rasa mual dan muntah yang dirasakan oleh ibu hamil.

  1. Sebagai antioksidan

Tidak hanya kaya vitamin dan serat, apel memiliki kandungan sebagai antioksidan dalam tubuh. Dengan begitu, racun-racun dalam tubuh mampu dibasmi, sehingga mampu mengurangi radikal bebas dari luar tubuh.

  1. Mengurangi risiko stroke

Selain memberi manfaat untuk janin, apel juga menyehatkan ibu hamil. Mineral yang terkandung di dalamnya baik untuk menjaga kesehatan tulang. Pada akhirnya, Anda bisa terbebas dari penyakit tulang seperti stroke.

  1. Menjaga pola makan

Karena sering mual, biasanya ibu hamil akan malas untuk makan. Padahal, pada bulan-bulan awal kehamilan, gizi ibu hamil harus selalu dijaga. Jika nutrisi untuk ibu kurang, maka nutrisi untuk janin juga ikut berkurang. Mengonsumsi apel adalah salah satu langkah untuk mencukupi nutrisi ibu hamil. Selain itu, apel hijau mampu meningkatkan nafsu makan.

  1. Mengontrol kadar gula darah

Fitonutrien dalam apel membantu mengatur gula darah dalam tubuh. Fitonutrien dipercaya membantu mencegah lonjakan gula darah dengan merangsang sel-sel pankreas untuk membuat insulin, menghambat enzim yang terlibat dalam pemecahan karbohidrat menjadi gula sederhana, dan mengurangi penyerapan gula ke dalam aliran darah. Disarankan untuk berhati-hati mengonsumsi apel (terutama jus apel kemasan) dan rajin memeriksa kadar gula darah jika Anda menderita diabetes.

  1. Mengatasi sembelit

Sembelit yang sering terjadi pada ibu hamil disebabkan karena kurangnya asupan serat. Padahal, serat pada makanan berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan. Jika tidak segera di atasi sembelit bisa membahayakan kesehatan janin karena zat racun tidak bisa keluar dari tubuh.

  1. Mengurangi bengkak pada tubuh

Ketika seorang wanita hamil, beberapa bagian tubuh selain perut juga akan ikut membesar. Beberapa wanita merasa tidak nyaman dengan tubuh yang membengkak, terutama bagian kaki. Konsumsi apel setiap hari dipercaya bisa menurunkan pembengkakan pada kaki, tangan, siku dan anggota tubuh lainnya.

  1. Menurunkan risiko terlahir prematur

Penyebab umum kelahiran bayi prematur adalah saat ibu mengalami sekresi empedu berlebih, sehingga mengalami komplikasi. Solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah mengonsumsi apel hijau setiap hari. Selain itu, apel hijau juga dipercaya bisa membantu proses kelahiran bayi.

  1. Meningkatkan kesehatan saraf

Antioksidan quercetin yang terdapat pada apel dapat mengurangi matinya sel saraf oleh oksidasi dan peradangan neuron (sel saraf). Efek perlindungan oleh apel juga sekaligus mengurangi risiko terkena gangguan neurodegeneratif.

  1. Mengurangi risiko asma

Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi buah apel selama masa kehamilan dapat mengurangi risiko janin terserang penyakit asma hingga 53 %. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan pada buah apel dapat menjaga saluran pernapasan janin tetap bersih.

  1. Meningkatkan energi

Mudah lemas dan lelah adalah salah satu hal umum yang sering dialami oleh ibu hamil, untuk mengatasi hal ini, karbohidrat kompleks yang terkandung dalam buah apel dipercaya dapat memberikan suplai energi pada ibu hamil. Konsumsilah satu buah apel setiap hari untuk mengembalikan semangat seperti sediakala.