Manfaat Akupuntur Untuk Wanita Menopause

DokterSehat.Com – Akupunktur adalah terapi kesehatan yang berbasis menggunakan jarum, terapi yang berasal dari Cina ini dipercaya mampu menyembuhkan sejumlah penyakit.



Selain itu, terapi ini ternyata juga bermanfaat untuk meringankan gejala menopause bagi wanita. Berikut adalah beberapa manfaat akupunktur bagi wanita menopause :

  • Mengurangi timbulya bercak kemerahan yang panas (hot flashes)
    Seorang ilmuwan Turki terkenal mengakui bahwa akupunktur dapat membantu menurunkan kejadian timbulnya bercak kemerahan yang panas pada wanita menopause atau dikenal sebagai hot flashes, subyek uji penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat 35 persen wanita memiliki kemungkinan lebih rendah terkena hot flashes setelah melalui pengobatan akupunktur.
  • Membantu menyeimbangkan mood
    Teori akupuntur menyatakan jika ketidakseimbangan antara energy yin dan yang dapat mengakibatkan ketidakseimbangan system hormonal, yang menyebabkan mood menjadi naik-turun. Akupuntur membantu untuk memperkuat dan menyeimbangkan energy tersebut dan terbukti dapat memperbaiki mood menjadi lebih seimbang.
  • Melawan kelelahan
    Perubahan hormonal dalam tubuh seorang wanita yang mengalami masa menopause sering menimbulkan kelelahan tubuh. Akupunktur dapat membantu mengobati kondisi ini dengan meningkatkan tingkat energi dalam tubuh.
  • Mengobati nyeri otot
    Para wanita yang menjalani terai akupuntur juga melaporkan jika akupuntur dapat meredakan nyeri otot. Sebagai terapi, akupuntur dikenal dapat mengurangi tekanan darah yang tinggi dan meningkatkan sirkulasi, secara alami akupuntur melepaskan zat kimia alami yang dapat menghilangkan rasa sakit  yang disebut endorfin untuk mengobati nyeri tersebut.
  • Mengurangi depresi
    Seiring dengan mengobati sakit dan menyeimbangkan hormon, akupunktur juga mengurangi depresi yang terkait dengan menopause.